Layanan Publik Pemkot Solo Takkan Terganggu Pemadaman Listrik Lagi

Nasional

Rabu, 15 Januari 2020 | 21:40 WIB

200115213335-layan.jpg

Tok Suwarto

FASILITAS pelayanan publik di lingkungan Pemkot Solo, khususnya di kawasan Balai Kota dan rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, dalam waktu dekat dipastikan tidak akan terkena gangguan pemadaman listrik dari PLN. Kepastian itu diketahui menyusul kesepakatan antara Pemkot Solo dan PLN tentang layanan pelanggan premium untuk Pemkot Solo, Rabu (15/1/2020).

General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Feby Joko Priharto mengungkapkan, Pemkot Solo merupakan pelanggan pertama dari unsur pemerintah di Kota Solo yang menggunakan layanan pelanggan premium.

Layanan tersebut diberikan kepada pelanggan yang mendapatkan prioritas khusus, di antaranya di bangunan vital dan fasilitas publik pemerintahan.

"Bagi pelanggan premium, saat jaringan utama PLN padam, listrik akan langsung beralih ke jaringan kedua. Proses pergantiannya berlangsung secara otomatis dan hanya membutuhkan waktu 0,4 detik. Dengan demikian, peralatan seperti eskalator, lift, penerangan maupun pendingin ruangan bisa tetap berjalan normal," terangnya seusai penyalaan listrik pelanggan premium di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Rabu (15/1/2020).

Dia berharap, dengan fasilitas tersebut Pemkot Solo dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Pada awal ini, PLN mengganti layanan listrik reguler dengan layanan premium di rumah dinas Wali Kota, Loji Gandrung.

Pada tahap berikutnya, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo minta layanan listrik di kompleks Balai Kota dan kantor-kantor pemerintah juga dialihkan ke langganan premium.

"Kita akan melanjutkan penggantian di Balai Kota, mal pelayanan publik, serta RSUD Bung Karno dan RSUD Ngipang, sehingga setiap bekerja kita tidak khawatir listrik mati. Dengan adanya langganan premium kita tak perlu menyediakan genset karena listrik anti padam," kata Hadi Rudyatmo.

Wali Kota Solo menghimbau, agar mal dan hotel di Kota Solo juga memanfaatkan layanan pelanggan premium PLN. Menurut dia, berlangganan listrik premium bukan hanya menguntungkan PLN, tetapi layanan itu juga menguntungkan pengusaha dalam sisi jaminan keamanan dan kenyamanan penghuni hotel atau pengunjung mal.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR