Impikan Dunia Tanpa Uang, Miliuner Jepang Bagi-bagi Belasan Miliar untuk Seribu Follower

Ragam

Selasa, 14 Januari 2020 | 13:44 WIB

200114134342-diund.jpg

dailymail

Miliarder Negeri Sakura, Yusaku Maezawa kembali membuat senang sekaligus deg-degan. Senang karena untuk kali kedua pencinta seni berusia 44 tahun itu bersiap bagi-bagi uang satu juta yen atau tak kurang dari Rp 124 juta bagi seribu orang netizen yang beruntung. Total Rp 12,4 miliar dihabiskannya kali ini.

Caranya cukup me-retweet pengumuman. Sejauh ini sejak dicuitkan di awal bulan, sudah empat juta orang yang dibuat deg-degan karena ikut me-retweet. Mereka berharap keberuntungan menaungi saat Maezawa yang sudah membooking tempat sebagai turis sipil pertama yang bakal melancong ke luar angkasa dengan Space-X, mengundi pemenang.

Bersama bos Space-X, Elon Musk.

Dikutip dari DailyMail kemarin, pengundian  dilakukan secara random. Lalu apa maksudnya? "Ini eksperimen sosial yang serius," ujar Maezawa melalui  kanal YouTube miliknya. Ia berharap aksinya dapat menarik minat akademisi dan ekonom.

Utamanya mengenai konsep “penghasilan dasar”. Teori tentang memberi warga sejumlah dana secara berkala tanpa konsekuensi apa pun alias cuma-cuma. Gagasan serupa  didukung  kandidat presiden dari Partai Demokrat AS, Andrew Yang. Maezawa sendiri percaya dengan konsepnya mengenai dunia tanpa uang.

Are you ready?

"Penghasilan dasar yang artinya jumlah minimum uang yang memberi rasa aman bagi warga ini berbeda dari  yang ditawarkan Maezawa," ujar  Toshihiro Nagahama, ekonom senior Dai-ichi Life Research Institute.

Maezawa sendiri mengatakan mengingat dirinya memiliki uang dan waktu luang maka ia merasa perlu untuk mencoba sekaligus menginspirasi debat mengenai uang Cuma-Cuma yang wajib diberikan negara pada warga. Gagasan pendapatan dasar universal muncul dari ketakutan akan kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan yang dikhawatirkan menghapus pekerjaan manusia.

Bersiap melancong ke bulan.

Di luar itu  bulan November lalu Maezawa memperoleh £ 688.863.420 atau sekitar  Rp 12 triliun melalui penjualan bisnis fashion online Zozo Inc pada SoftBank Group Corp.

Dan Januari kemarin  dia menyisihkan 100 juta yen untuk dibagikan pada 100 pengguna Twitter. Aksianya yang pertama memecahkan rekor dunia sebagai cuitan yang paling banyak di-retweet dengan 4,68 juta retweet.

Jetset circle.

Forbes melaporkan total Maezawa yang baru saja putus dari sang kekasih memiliki aset tak kurang dari £ 1,5 miliar atau Rp 26,6 triliun. Dari kanal YouTube-nya netizen bisa mengintip kemana saja uangnya dihabiskan.

Ternyata ia lebih suka belanja karya seni. Tahun 2017 misalnya ia menghabiskan £ 85 juta atau Rp 1,5 triliun untuk lukisan Jean-Michel Basquiat. Harga tertinggi yang pernah dibayarkan dalam lelang karya seniman Amerika.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR