Pelayanan Haji Tahun Lalu Dinilai Sangat Memuaskan

Haji

Minggu, 5 Januari 2020 | 09:40 WIB

200105092752-pelay.jpg

dok

ilustrasi

PELAYANAN ibadah haji tahun 2019 yang dilakukan Kemenag dan jajaran terkait masuk dalam kategori sangat memuaskan. Namun, Kemenag akan tetap meningkatkan mutu pelayanan kepada jemaah haji dengan meluncurkan beberapa inovasi baru.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bandung, Asep Sopandi, saat membuka manasik haji KBIH Assyakur di Hotel Lingga, Minggu (5/1/2020).

"Berdasarkan survei lembaga independen mengenai pelayanan haji tahun lalu ternyata hasilnya sangat memuaskan," ujar Asep seperti ditulis wartawan "PR", Sarnapi.

Dia menambahkan, pelayanan pemerintah kepada jemaah haji mulai dari transportasi, pemondokan, kesehatan, makanan, sampai bimbingan haji di KUA kecamatan dan kabupaten/kota.

"Namun Kemenag berusaha meningkatkan lagi pelayanan kepada jemaah dengan beberapa inovasi misalnya pemakaian Bandara Kertajati untuk jemaah Jawa Barat," tambahnya.

Asep Sopandi menambahkan, daftar tunggu haji di Kota Bandung sampai sekarang mencapai 19 tahun.

"Karena jumlah pendaftar sudah mencapai 49.000 orang, sedangkan kuota hajinya hanya 2.460 orang. Tiap hari kaum Muslimin datang ke seksi haji untuk mendaftar," ucapnya.

Sedangkan Ketua Yayasan Assyakur Lingga, Dino Rahmatullah menyatakan, dengan daftar tunggu haji yang mencapai 19 tahun, kemungkinan besar seorang Muslimin hanya bisa melaksanakan haji sekali dalam hidupnya.

"Untuk itu, manfaatkan kesempatan haji tahun ini dengan baik agar ibadahnya mabrur dan diterima Allah SWT," ujarnya.

Jemaah calon haji mulai dari saat ini harus belajar ilmu manasik baik teori maupun praktiknya.

"Jaga ucapan dan tindakan mulai saat ini sehingga nantinya terbiasa di tanah suci. Ketika berpakaian ihram tak boleh berkata kasar dan menjurus ke berbau pornografi," ucapnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR