Banjir Terjang Pantura Subang

Daerah

Rabu, 1 Januari 2020 | 18:48 WIB

200101184859-banji.jpg

Danramil Ciasem, Kapten Inf.R Herry Arsiantono saat melakukan peninjauan dan pendataan di daerah yang terkena banjir.

DAMPAK hujan deras yang terjadi di wilayah Subang bagian Selatan mengakibatkan sungai Cilamaya meluap di daerah Pantura, terutama wilayah Kecamatan Ciasem, Patokbeusi dan Blanakan. Akibatnya, puluhan rumah terendam, termasuk lahan sawah ratusan hektar, Rabu (1/1/2020) siang.

Tidak hanya rumah dan lahan, banjir setinggi sekira 25-40 sentimeter juga menyergap beberapa jalan penghubung.

"Saya berusaha menerebos dengan sepeda motor hingga akhirnya jalan kaki," kata Danrami Ciasem, Kapten Inf. R Herry Arsiantono.

Hasil pemantau Danramil didampingi anggota dari Polsek dan aparat desa, banjir terjadi akibat kiriman dari hulu ke hilir dan guyuran hujan sejak Selasa malam membuat debit air dari kali Cilamaya meluap.

"Kita juga akan meluncur ke wilayah Kecamatan Blanakan karena arus sungai meluap sejak pukul 13.00 tadi," kata Danramil.

Pemandangan yang sama terlihat di daerah Tambakjati beberapa rumah terendam selutut, terutama di Dusun Sukamantri Selatan diakibatkan meluapnya sungai Cilamaya menyusuri rawa bolang dan berakhir di kali dadut.

"Sudah beberapa tahun tidak terjadi dan baru sekarang kembali terjadi," kata Ahmad sambil menyebutkan pernah banjir tahun 2012.

Sebelumnya di beberapa wilayah Kecamatan Subang pun akibat jeleknya drainase dan banyaknya sampah mengakibatkan saluran meluap dan banjir.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR