Ridwan Kamil Klaim Penataan Pedestrian Pangandaran Berhasil Tingkatkan Pendapatan Warga

Daerah

Selasa, 31 Desember 2019 | 19:40 WIB

191231193225-ridwa.jpg

Kiki Kurnia

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan, setelah penataan pantai barat dan timur, ekowisata pantai Pangandaran naik tiga kali lipat. Menurutnya, beberapa toko yang berada di sepanjang pantai timur Pangandaran mencatatkan kenaikan omset penjualan.

"Bahkan, destinasi wisata Pangandaran tersebut akan menjadi etalase wisata pantai di Jawa Barat," kata pria yang akrab disapa Emil itu seusai meresmikan penataan pedestrian Pantai Pangandaran, Selasa (31/12/2019).

Emil menambahkan, penataan akan terus dilakukan sampai akhir masa jabatannya. Di 2019 saja, anggaran yang digunakan untuk penataan pantai barat, timur dan break water mencapai Rp 100 miliar.

Dengan upaya yang dilakukan, Emil berharap Pantai Pangandaran kelak bisa menjadi kelas yang terbaik di level Indonesia. "Sehingga bisa dikatakan sebagai Hawai-nya Jawa Barat," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Emil turut berpesan agar masyarakat menjaga kebersihan lokasi wisata. Pasalnya, hal pertama yang akan dinilai oleh para wisatawan soal destinasi wisata adalah faktor kebersihannya. "Jangan buang sampah sembarangan dan jaga ketertiban," imbuhnya.

Lebih lanjut mantan Wali Kota Bandung itu juga mengaku akan menerapkan manajeman perahu di kawasan pantai tersebut. Menurutnya, jika mengelola wisata yang didahulukan adalah pola pikir wisatawan, maka harus diperhatikan kebersihan, keamanan termasuk jika diwilayah pantai mengelola perahu sehingga tidak mengganggu wisatawan.

"Jadi ada zona. Misalnya dari kantor Balawista sampai ke arah selatan merupakan zona berenang tidak boleh ada perahu yang melintas," tandasnya

Adapun, perkembanngan pembangunan bandara Nusawiru di Kabupaten Pangandaran sudah memasuki proses lelang. Termasuk jalur kereta api hanya menyisakan rute Banjar-Cijulang.

"Kita juga sedang mengupayakan jalan tol Cigatas-Cilacap yang melewati pangandaran. Saya kira kalau akses wisatanya berhasil tinggal pengelolaan yang sangat baik dari pak Bupati," jelasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Pangandaran, Jeje Wiriadinata menambahkan, pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya pedagang di kawasan pantai Pngandaran omsetnya mencapai 15-20 juta per hari. "Tukang asongan pun yang biasanya hari Minggu satu kali bisa sampai tiga kali berjualan," ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk proses pembangunan pantai barat Pangandaran sudah memasuki tahap I. Selain itu, ada beberapa hal yang akan dibangun, seperti menyambungkan jalan raya dari Pamugaran (Batu Hiu) sampai Salawe.

Ke depan, lanjut Jeje, pihaknya akan menggelar event internasional pada 2021. Kegiatan tingkat Asia itu rencananya akan diikuti 46 negara.

"Sebelumnya kita berkompetisi dengan Malaysia tapi mereka lebih memilih pantai Pangandaran," pungkasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR