Polsek Tarogong Ringkus Pencuri di RSUD Garut

TKP

Selasa, 10 Desember 2019 | 20:41 WIB

191210203959-polse.jpg

dok

ilustrasi

POLSEK Tarogong Kidul, Kabupaten Garut berhasil menangkap seorang pencuri yang selama ini kerap melakukan aksinya di sekitaran lokasi RSUD dr. Slamet Garut. Pelaku dibekuk saat hendak melarikan diri usai mengambil barang berharga milik salah seorang keluarga pasien, Selasa (10/12/2019).

Kapolsek Tarogong Kidul, AKP Alit Kadarusman, melalui Panit Reskrim Polsek Tarogong Kidul, Ipda Wahyono Aji, mengatakan pelaku yang diamankan berinisial HS (58), warga Kelurahan Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. HS diketahui mengambil gawai dan dompet milik korban atas nama Rian (26), warga Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

"Awalnya pelaku ini masuk ke area RSUD dr. Slamet Garut lalu masuk ke ruang rawat inap pasien IGD dan langsung mengambil barang milik korban. Saat itu korban yang tengah menunggui keluarganya yang sakit itu tengah tertidur," ujarnya, Selasa (10/12/2019).

Menurut Aji, usai mengambil barang milik korban, pelaku pun langsung meninggalkan ruangan dan berusaha melarikan diri. Namun sebelum pelaku lari terlalu jauh, korban diberitahu oleh keluarga pasien lainnya yang melihat aksi pelaku bahwa barangnya telah dicuri.

Korban pun langsung lari ke Mapolsek Tarogong Kidul yang lokasinya tidak begitu jauh dari RSUD dr. Slamet untuk melaporkan hal tersebut.

Petugas kepolisian yang menerima laporan tersebut, terang Aji, langsung bergerak ke lokasi dan mengejar pelaku yang saat itu masih berada di sekitar RSUD dr. Slamet Garut.

"Alhamdulillah pelaku ini bisa kami tangkap saat berupaya melarikan diri di depan tempat parkir RSUD dr Slamet. Korban juga membantu proses penangkapan ini," ucapnya.

Setelah berhasil ditangkap, lanjut Aji, pelaku HS kemudian digelandang ke Mapolsek Tarogong Kidul untuk diperiksa lebih lanjut. Kepada petugas yang memeriksanya, HS mengakui perbuatannya telah mengambil gawai dan dompet yang berisi surat-surat penting milik korban saat korban tengah tidur.

"Dari hasil pemeriksaan, pelaku ini mengaku bahwa ia kerap melakukan aksi pencurian di sekitaran RSUD dr Slamet. Pelaku mengaku telah lebih dari 10 kali melakukan aksinya itu," katanya.

Aji menyebutkan, selama ini pihaknya memang sering menerima laporan dari warga yang mengaku kehilangan barang berharga, baik saat membesuk atau menunggui pasien di RSUD dr. Slamet.

"Kalau yang hilang mulai dari barang seperti gawai sampai tas atau dompet yang berisi uang dan surat-surat penting," ucapnya.

Aji menuturkan, akibat perbuatan yang dilakukannya tersangka HS dijerat dengan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan penjara maksimal 5 tahun.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR