Wisatawan Amerika Jadi Korban Pencurian di Bali, Kerugian Mencapai Ratusan Juta Rupiah

TKP

Selasa, 10 Desember 2019 | 20:22 WIB

191210202110-wisat.jpg

dok

ilustrasi

DUA wisatawan asing asal Amerika Serikat, Michael Montecillo (26) dan Hason Cheng (39), menjadi korban pencurian dengan pemberatan (curat) yang terjadi di wilayah Canggu, Kuta Utara, Badung, Bali.

Barang bukti yang hilang di antaranya satu kamera, laptop, lensa milik pelapor. Sedangkan satu buah kamera dan barang bukti terkait lainnya milik temannya Cheng. Dengan total kerugian dari kedua korban adalah Rp 127.267.100 juta.

"Kejadian curat ini terjadi pada (5/12/2019) sekitar pukul 16.30 sampai 20.00 WITA. Saat itu korban ini telah meninggalkan villa dalam kondisi terkunci untuk pergi potong rambut, saat korban kembali ke villa barang-barangnya sudah tidak ada," terang Kanit Reskrim Polsek Kuta Utara, Iptu Androyuan Elim, saat dikonfirmasi, Selasa (10/12/2019).

Setelah menerima laporan, polisi kemudian bergerak mencari pelaku. Selang beberapa hari kemudian, pelaku berhasil diringkus.

"Jadi penangkapan dilakukan pada (9/12/2019) setelah melakukan penyelidikan disekitar tempat tinggal pelaku berdasarkan informasi dari saksi di TKP. Saat ditangkap pelaku memang sedang berada dirumahnya," tambah Elim.

Pelaku yang bernama Rudi Hartono Putra, kata dia, tidak hanya sekali melakukan aksi curat tetapi sudah berulang kali di tujuh villa selama tujuh bulan. Pada setiap villa yang menjadi target Putra, tetap menggunakan modus sama yaitu dengan masuk melalui belakang villa dan mencongkel jendela.

Namun, sebelum beraksi dia terlebih dahulu mengamati villa itu saat sore hari kemudian beraksi dari sore hingga malam hari saat tamu dari villa sedang pergi dan villa dalam kondisi kosong.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR