Polisi Tetapkan 4 Anggota LSM Tersangka Perusakan Kantor Leasing

TKP

Selasa, 10 Desember 2019 | 15:19 WIB

191210151836-polis.jpg

Laksmi Sri Sundari

POLRES Cimahi menetapkan empat tersangka dalam kasus perusakan dan pembakaran kantor leasing Arthaprima Finance, di Jln. Amir Mahmud, Kota Cimahi. Keempat tersangka yakni SS, YM, SM, DS dengan usia rata-rata 20 sampai 30 tahun.

Kapolres Cimahi, AKBP M. Yoris Maulana mengatakan, pihaknya sudah memeriksa 53 orang terkait kasus tersebut. Dari hasil penyidikan, 4 dari 53 orang ditetapkan sebagai tersangka.

"Empat orang ditingkatkan statusnya dari saksi menjadi tersangka dalam kasus perusakan terhadap aset milik kantor finance," ujarnya di Mapolres Cimahi, Jln. Amir Mahmud, Selasa (10/12/2019).

Peningkatan status tersebut, kata Yoris, berdasarkan keterangan saksi yang diperkuat pernyataan teman-teman.

"Ada keterangan saksi diperkuat pernyataan temen-temannya yang menyatakan mereka (tersangka) melakukan perusakan meja, lalu dibakar," terangnya.

Disebutkan Yoris, keempat tersangka ini dijerat pasal 170 dan 406 KUHP dengan ancaman lebih dari 5 tahun.

Meski sudah menetapkan tersangka, polisi masih melakukan pendalaman kasus. Bahkan satu orang di antaranya masih diselidiki terkait masalah minuman keras.

"Empat orang tersangka dilakukan penyelidikan lanjut untuk nantinya akan kirimkan ke jaksa penuntut umum. Yang lainnya akan kita periksa maraton, dan kita lakukan pembinaan," ujarnya.

Dalam penangkapan anggota LSM kemarin, ditemukan sebuah airsoft gun. Namun, Yoris memastikan airsoft gun tersebut belum sempat digunakan oleh pemiliknya.

"Airsoft gun yang disimpam dibalik baju belum sempat digunakan. Selagi belum digunakan, kami belum bisa melakukam penyidikan. Jika airsoft gun ini digunakan untuk menakuti orang atau melukai orang akan kita kenakan pasal Undang-Undang Darurat tentang kepemilikan senjata api," tegas Yoris.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan anggota LSM diamankan jajaran Polres Cimahi usai melakukan aksi premanisme di Arthaprima Finance, Jln. Amir Mahmud, Kota Cimahi, Senin (9/12/2019).

Aksi premanisme dilakukan untuk mengambil mobil salah satu anggota LSM yang disita oleh pihak leasing. Saat mencoba mengambil mobil yang disita, anggota LSM melakukan pembakaran ban, pembakaran meja, dan menabrak garasi bank dengan mobil yang mereka bawa.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR