Tel-U Terus Kembangkan Hasil Riset

Bandung Raya

Sabtu, 30 November 2019 | 16:33 WIB

191130160723-tel-u.jpg

Ziyan Muhammad Nasyith

PT Telkom Indonesia mendukung komersialisasi hasil riset yang dikembangkan oleh Telkom University. Ke depannya, perusahaan milik negara tersebut akan bersinergi melihat produk-produk riset kampus, yang bisa dikembangkan dan dikomersialisasikan.

Ditemui di sela acara pameran hasil riset mahasiswa di Gedung Bangkit Kampus Telkom University, Dayeuhkolot, Kab. Bandung, Sabtu, (30/11/2019), Director Human Capital Management PT Telkom Indonesia, Edi Witjara mengatakan, kegiatan tersebut merupakan penguatan keluarga Telkom Group untuk meningkatkan sinergi yang selama ini sudah dibangun.

"Makanya kami dari Telkom Induk bersama 28 senior leader hadir pada pameran ini. Kalau di Telkom itu ada namanya customer fasing unit. Itu adalah unit-unit yang berhadapan dengan customer, saya ajak ke sini (Telkom University) semua untuk melihat hasil riset dan kajian yang sudah dilakukan Telkom University selama ini," ujar Edi saat diwawancarai wartawan.

Edi menuturkan, selama ini komersialisasi hasil riset sudah berjalan dengan Telkom University. Namun menurutnya, masih terdapat peluang yang bisa ditingkatkan. Karena, selain harus berkembang riset ini juga harus memiliki ujungnya.

"Kalau kami company ujungnya harus menghasilkan bisnis, hasil keuntungan. Kalau Telkom University risetnya harus nyambung dan bisa termanfaatkan," katanya.

Dirinya mengungkapkan, produk-produk riset dari Telkom University sudah ada yang dikomersialisasi dan dipakai oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, hal tersebut belum terlalu masif termasuk 31 produk riset yang dipamerkan pada pameran ini sebagian belum dipakai perusaan.

"Agar bisa dipakai, dilihat dulu dari sisi bisnis, feasible tidak secara bisnisnya, masih tidak, siapa customernya. Nantinya produk-produk riset Telkom University akan menjadi prioritas pertama PT Telkom Indonesia, untuk dikomersialisasikan," terangnya.

Sementara itu Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya menambahkan, pihaknya terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki, yaitu bisa menghasilkan produk-produk inovatif yang bisa digunakan untuk kepentingan industri dan masyarakat.

"Dari pameran ini kami bisa mencapture bahwa saat sudah menghasilkan produk, kan dichallange oleh teman-teman dari Telkom Group, sejauh mana kelaikannya. Kalau ada kekurangan, ini menjadi tantangan buat kami Telkom University agar lebih baik lagi," ungkap Adiwijaya.

Diakui Adiwijaya, saat ini produk riset Telkom University yang sudah dipakai oleh Telkom Group, di antaranya data analitik, penggunakaan E-Learning dan I-Gracias.

"Namun demikian, kami tidak mau berpuas diri dengan apa yang telah dicapai, tapi harus terus meningkatkan supaya lebih baik lagi," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR