Distan Garut Antisipasi Serangan Hama di Musim Hujan

Daerah

Jumat, 15 November 2019 | 20:57 WIB

191115204150-dista.jpg

Agus Somantri

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga Guna Santika.

DINAS Pertanian (Distan) Kabupaten Garut terus memberikan sosialisasi kepada para petani guna mengantisipasi serangan hama yang biasa terjadi saat musim hujan. Selain sosialisi, juga dilakukan pemberian obat anti hama sehingga petani tidak mengalami kerugian dari usaha taninya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga Guna Santika mengatakan, pihaknya sudah melakukan kesiapan dalam penanganan hama penyakit saat memasuki perubahan iklim ini.

"Kami sudah menerjunkan tim untuk meninjau langsung lahan pertanian yang siap memasuki musim tanam setelah melewati kemarau panjang," ujarnya, Jumat (15/11/2019).

Menurut Beni, ancaman hama yang biasa menyerang lahan pertanian pada musim hujan di antaranya seperti cendawan atau jamur yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya tanaman padi. "Karena itu, sekarang kami mulai melakukan gerakan di lapangan untuk mengantisipasi hal tersebut," ucapnya.

Beni menyebutkan, pihaknya juga secara gotong-royong dan bahu membahu dengan masyarakat akan melakukan normalisasi irigasi untuk kelancaran air ke areal pertanian. Pasalnya, setelah musim kemarau banyak sampah di saluran irigasi sehingga dapat menyumbat aliran air ke sejumlah lahan pertanian di Kabupaten Garut.

"Sekarang yang paling penting normalisasi irigasi secara gotong royong," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR