Daftar Tunggu Calhaj Kabupaten Bandung Mencapai 44.752 Orang

Haji

Rabu, 30 Oktober 2019 | 21:25 WIB

191030212606-dafta.jpg

Engkos Kosasih


HINGGA Hingga saat ini, daftar tunggu calon haji (calhaj) Kabupaten Bandung mencapai 44.752 orang. Jumlah daftar tunggu calhaj ini dipastikan makin bertambah menyusul terus berdatangannya warga Kabupaten Bandung untuk daftar calhaj.

"Dari data sementara daftar tunggu calhaj 44. 752 ini sudah dipastikan jumlahnya akan bertambah. Pasalnya, tiap hari bergiliran warga Kabupaten Bandung mendatangi Kantor Kemenag Kabupaten Bandung untuk daftar haji," kata Kepala Kemenag Kabupaten Bandung, Asep Ismail melalui Kasi Haji, Ishak Asnawi ketika di konfirmasi di Kantor Kemenag Kab. Bandung di Balendah, Rabu (30/10/2019).

Menurut Ishak, dari data sementara saja, jumlah warga Kabupaten Bandung yang datang Kemenag untuk daftar haji tiap bulannya mencapai 600 orang. "Sudah saya cek ke bagian pendaftaran sebulan rata-rata 600 orang daftar calhaj," kata Ishak.

Menurut Ishak dengan jumlah calhaj sebanyak itu, lama daftar tunggunya mencapai 17 tahun. 
"Tapi ada prioritas, bagi lansia yang usianya lebih dari 70 tahun terlebih dahulu akan diberangkatkan itu pun harus telah mendaftar 4 tahun," terangnya.

Dikatakan Asep, sesuai kuota haji di Kabupaten Bandung tahun tahun 2019 saja calhaj yang diberangktan hanya 2.578 calhaj. "Tidak tahu apakah tahun depan kuota haji untuk untuk Kabupaten Bandung bertambah. Kita berharap saja kuota haji Kabupaten Bandung tahun depan bertambah seiring dengan terus membludaknya warga Kabupaten Bandung yang daftar calhaj," harap Asep.

Sementara itu, Iis Rohaeti (55) Warga Komplek Griya Bukit Manglayang RW 21, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi yang telah daftar calhaj 2 tahun lalu dan Ny. Resti (47) warga Komplek Rancaekek Kencana yang telah 4 tahun daftar calhaj berharap tiba-tiba saja ada panggilan Ilahi tahun depan bisa berangkar ke tanah suci untuk beribadah haji.

"Ya meski baru 2 tahun saya dan suami daftar haji jika sudah panggilan ilahi tahun depan bisa berangkat haji tidak harus menunggu 15 tahun lagi" harap Iis.

Hal senada dikatakan Resti. Menurut Resti pihaknya sangat berharap segera diberangkatkan haji meski baru 4 tahun depan. "Ya betul jika sudah panggilan ilahi tahun-tahun depan saya berangkat haji kita bersyukur tidak harus menunggu 11 tahun lagi dan tidak melihat aturan dari sisi kuota haji" harap Resti.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR