Lifter Jabar Tampil di Kejuaraan Dunia

Sport

Rabu, 30 Oktober 2019 | 18:08 WIB

191030180952-lifte.jpeg

ist

Lifter asal Jabar, M. Yusuf menjadi andalan Indonesia pada Kejuaraan Dunia Angkat Berat di Dubai, November mendatang.


DUA lifter Jawa Barat dipastikan akan tampil mewakili Indonesia pada Kejuaraan Angkat Berat Dunia yang akan berlangsung di Dubai. Rencananya kedua atlet itu akan berangkat pada tanggal 15 November 2019 bersama sejumlah atlet lainnya yang berasal dari Lampung dan Kalimantan.

"Alhamdulillah, tahun ini dua atlet kita akan berangkat ke Dubai untuk mengikuti kejuaraan dunia. Dari putra ada M Yusuf, sedangkan di putri ada Susi Susanti. Untuk sisanya dari lampung satu orang, dan Kalimantan satu orang," ungkap pelatih angkat berat Jabar, Usdi Permana, saat ditemui di Gedung KONI Jawa Barat, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Rabu (30/10/2019).

Usdi menambahkan, dari kedua atlet yang akan diberangkatkan ke Dubai, salah satunya merupakan atlet langganan juara, yakni M Yusuf. Yusuf ditargetkan untuk memecahkan rekor angkatan sebelumnya.

Mengenai prestasi di tingkat internasional, pada tahun 2017 M Yusuf hampir memecahkan rekor angkatan dunia yang dipegang oleh lifter Khazakhstan, Anuar Ulan yakni 342,5 kg. Di kejuaraan tersebut, M Yusuf berhasil mengangkat beban seberat 340 kg.

Sedangkan pada kejuaraan Asian Equipped Powerlifting Championship tahun 2019 Queen Elizabeth Stadium, Hong Kong pada (26/4/2019), M Yusuf berhasil meraih medali emas mengalahkan atlet Khazakhstan Aman Kapyshev dengan catatan 277,5 kg serta atlet Garate Nilesh dengan catatan 275 kg.

Yusuf sendiri diketahui memiliki spesialis pada angkatan 'Dead Lift'. Dari angkatan tersebut ia kerap meraih rekor serta medali baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Di Kejuaraan Dunia nanti Yusuf saya harapkan bisa memecahkan rekor dunia. Susi juga saya harap bisa memberikan kejutan, apalagi keduanya merupakan atlet yang diproyeksikan Jawa Barat untuk mendapat medali emas di PON Papua," katanya.

Membahas peta persaingan di Kejuaraan Angkat Berat Dunia 2019, Usdi menilai kekuatan terbesar masih dipegang oleh Khazakhstan, Cina Taipei dan India.

"Tapi Khazakhstan saya nilai yang paling berat. Mudah-mudahan di Dubai cuacanya bisa bersahabat, karena kendala di setiap kita mengikuti kejuaraan dunia adalah cuaca ekstrim," jelasnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR