Siap Saingi Messi dan Ronaldo, Mentereng Bersama Klub Ini Deretan Bintang Debutan Ballon d'Or 2019

Soccer

Rabu, 23 Oktober 2019 | 13:49 WIB

191023135001-lupak.jpg

dailymail


Dari 30 daftar nomine Ballon d’Or edisi 2018-2019, sejumlah nama baru dari lapangan hijau ikut bersaing mendapatkan trofi pencapaian individu prestisius ini.

Nama baru ini bukan sekadar wajah lama yang mampu merangsek untuk kali pertama tapi juga pesepak bola yang juga baru melesat di musim kemarin. Siapa saja nomine fresh-face yang masuk dalam daftar rilis Football France ini? Berikut di antaranya seperti dikompilasi DailyMail:

The supremacy.

Raheem Sterling - Manchester City

Setelah meroket dalam beberapa musim terakhir, Raheem Sterling akhirnya mendapatkan pengakuan yang layak diterimanya. Bukan rahasia lagi Pep Guardiola menjadi sosok yang berhasi memoles  pemain berusia 24 tahun itu menjadi pesepak bola dengan karakter kuat di berbagai aspek  permainan. Sempat masuk calon kandidat baru kali ini jimat Manchester City tersebut lolos nomine final. Saat ini Sterling dianggap sebagai pemain paling penting di Etihad.

Frenkie de Jong - Barcelona

Meskipun menolaknya, pemain muda Belanda yang lincah di lapangan ini kerap  dibandingkan dengan Johan Cruyff. Dan menjadi salah satu pemain terbaru di klub raksasa La Liga Barcelona, De Jong menghadapi tekanan. Tapi meski baru berusia 22 tahun, De Jong sepertinya mampu mengatasi tekanan. Ia misalnya meraih gelar Gelandang Terbaik UEFA musim ini.

Namanya melesat setelah  memainkan peran penting mengantar Ajax ke fase semifinal Liga Champions. Berjersey El Barda di Nou Camp dengan progres penampilan yang positif peluang Ballon d'Or De Jong setidaknya akan semakin tinggi di musim berikutnya.

Matthijs de Ligt - Juventus

Bersama De Jong, bek tengah De Ligt turut disebut sebagai faktor utama penampilan mengesankan Ajax. Duo muda Belanda itu gagal masuk daftar Ballon d'Or tahun lalu dan sama-sama dinominasikan musim ini.

Seperti kompatriotnya De Ligt mengembangkan sayap dari Ajax dengan hengkang ke Juventus. Pemain berusia 20 tahun ini mengaku suatu saat dirinya benar-benar akan mengangkat trofi bola emas.

Virgil van Dijk - Liverpool

Mendominasi dalam 18 bulan terakhir, baru tahun ini Van Dijk masuk daftar akhir nomine. Kebangkitannya di Liverpool sejak menjadi pemain bertahan termahal di dunia menjadi bukti kelayakannya. Pelatih asal Jerman yang kini mengomando The Reds, Jurgen Klopp turut mengasah skill pesepak bola 28 tahun ini. Jadi tak mengherankan jika pemain Belanda ini banyak dijadikan  favorit peraih Ballon d’Or dari kategori bek setelah  terakhir menjadi milik Fabio Cannavaro.

Georginio Wijnaldum - Liverpool

Satu lagi pemain Belanda dan wakil Liverpool, Gini Wijnaldum ikut mewarnai persaingan. Namanya  dianggap setara dengan “silent killer” dalam kebangkitan klub kebanggaan Merseyside. Dipercaya melakukan peran khusus minggu demi minggu oleh Klopp, Wijnaldum mempertahankan  konsistensi sebagai roda penggerak vital yang membantu mesin Liverpool berjalan dengan kekuatan penuh. Meskipun sering terabaikan media Wijnaldum kini  dipuji berkat skill-nya.

Trent Alexander-Arnold - Liverpool

At just 21, Alexander-Arnold's career record is already starting to beggar belief. Playing in back-to-back European cup finals, before heading to the World Cup, the full-back has plenty of experience in his young legs already. The corner played in for Divock Origi against Barcelona in the semi-finals of last season's Champions League has already been cemented in the football annals, giving the Liverpool man a place among the world's finest in the shortlist of nominees.

Dusan Tadic - Ajax

Meskipun De Jong dan De Ligt kini sudah berjersey anyar di klub masing-masing, Tadic sepertinya memilih setia dengan Ajax. Ia bahkan  menjadi kekuatan pendorong bagi tim dari Negeri Kincir Angin tersebut. Setelah dicoret dari Southampton, masuknya nama Taduic dalam nomine Ballon d'Or menjadi pengkuan atas performa di atas rata-ratanya musim lalu. Di usia 30, Tadic menjadi new comer tertua di edisi kali ini.

Donny van de Beek - Ajax

Para pemain Ajax  memiliki peluang besar di berbagai ajang penghargaan 2019. Ini berkat banyaknya nama muda dari klub Belanda tersebut yang masuk nomine. Selain De Ligt dan De Jong, ada Van de Beek yang penampilannya di  semifinal Liga Champions musim lalu mengantarnya masuk dalam daftar final calon peraih Ballon d’Or.  Beberapa kali dimkaitkan dengan Real Madrid, pemain berusia 22 tahun ini tampaknya siap membentuk masa depan sepak bola Eropa.

Marc-Andre ter-Stegen - Barcelona

Dinilai sebagai kiper paling konsisten di lapangan hijau bersama raksa La Liga Barcelona, Ter-Stegen juga bisa diandalkan timnas Der Panzer kala  Manuel Neuer absen di kancah internasional. Dan posisi di timnas ini sama sekali tak menjadikannya nomor dua di Camp Nou. Sebaliknya ia banyak mendapatkan pujian. Dan sepertinya pujian ini tak salah alamat. Ter-Stegen menjadi nomine dari kategori penjaga gawang. Kiper legendaris Rusia Lev Yashin menjadi yang pertama memenangi Ballon d’Or dan  sejak itu belum ada yang menyusulnya.

Bernardo Silva - Manchester City

Penampilannya bersama  Manchester City musim lalu membuat pelatih pep Guardiola tak bisa mengabaikannya dari starting eleven. Bintang Portugal ini menjadi andalan skuad The Citizen baik di Liga Premier maupun di ajang  Eropa. Hasilnya ia lolos fase final nominasi Ballon d'Or untuk pertama kalinya.
Heung-min Son - Tottenham

Selalu percaya diri dan mampu diandalkan Tottenham kala tim tak menunjukkan performa mentereng, Son tampaknya menjadi favorit publik White Hart Lane. Musim lalu ia berperan besar dalam keberhasilan Spurs mencapai final Liga Champions. Meski peluangnya tak sebesar nama-nama lain pemain yang mampu keluar dari  bayang-bayang Harry Kane ini dipastikan menjadi jagoan pencinta bola sepak  Korea Selatan.

Kalidou Koulibaly - Napoli

Di usia yang sama dengan Van Dijk, Kouilbaly menjadi bintang berpengalaman lainnya yang untuk pertama kali masuk nomine. Pemain internasional Senegal ini menjadi jantung pertahanan Napoli selama beberapa musim terakhir dengan  rekor membanggakan. Meskipun  bukan favorit Koulibaly nyatanya mampu merangsek ke Top 30.

Joao Felix - Atletico Madrid

Nama  baru di La Liga Joao Felix datang dengan transfer wah senilai lebih dari satu triliun plus tekanan setelah dijuluki The Next Cristiano Ronaldo. Bermain dengan CR7 yang juga mentornya di kancah internasional, Felix diharapkan belajar dari veteran Ballon d'Or itu di setiap kesempatan. Pindah ke Atletico Madrid memastikan playmaker muda Portugal ini tampil di laga. Sesuatu yang sangat krusial dalam penilaian Ballon d’Or.

Marquinhos - Paris Saint Germain

Musim yang solid di Prancis telah membantu membuat Marquinhos meningkatkan statusnya hingga dianggap pantas bersaing sebagai yang terbaik di dunia olahraga. Permainan bek Brasil ini  berkembang bersama Thiago Silva dan  tampaknya akan menggantikan rekan senegaranya itu baik di dalam negeri maupun di ajang internasional.

BALLON D'OR 30-MAN SHORTLIST

Sadio Mane - Liverpool
Sergio Aguero - Manchester City
Frenkie de Jong - Ajax/ Barcelona
Hugo Lloris - Tottenham
Dusan Tadic - Ajax
Kylian Mbappe - PSG
Trent Alexander-Arnold - Liverpool
Donny van de Beek - Ajax
Pierre-Emerick Aubameyang - Arsenal
Marc-Andre Ter-Stegen - Barcelona
Cristiano Ronaldo - Juventus
Alisson - Liverpool
Matthijs de Ligt - Juventus
Karim Benzema - Real Madrid
Georginio Wijnaldum - Liverpool
Virgil van Dijk - Liverpool
Bernardo Silva - Manchester City
Heung-min Son - Tottenham Hotspur
Robert Lewandowski - Bayern Munich
Roberto Firmino - Liverpool
Lionel Messi - Barcelona
Kevin de Bruyne - Manchester City
Kalidou Koulibaly - Napoli
Riyad Mahrez - Manchester City
Antoine Griezmann - Barcelona
Mohamed Salah - Liverpool
Joao Felix - Atletico Madrid
Eden Hazard - Real Madrid
Marquinhos - PSG
Raheem Sterling - Manchester City


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR