Nasdem Kabupaten Bandung Incar Kemenangan di Pilkada 2020

Pemilu

Kamis, 17 Oktober 2019 | 15:03 WIB

191017144451-nasde.jpg


TUJUH nama saat ini sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti penjaringan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Bandung, menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung 2020 melalui Partai Nasdem.

Diakui Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Bandung, Agus Yasmin, dari tujuh nama tersebut baru dua orang yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran, salah satunya adalah artis sekaligus presenter Syahrul Gunawan.

"Untuk Kang Syahrul hari ini resmi mengembalikan formulir pendaftaran. Kalau nama-nama lainnya meminta untuk tidak di publikasikan dulu. Tapi yang sudah mengembalikan formulir baru dua orang," ujar Agus Yasmin di Kantor DPD Partai Nasdem Kabupaten Bandung, Jln. Raya Margahayu, Kab. Bandung, Kamis (17/10/2019).

Agus menilai, sebagai sosok yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, Syahrul hadir di tengah-tengah masyarakat dengan caranya bergaul melalui mekanisme yang merupakan bagian dari hidupnya.

"Sehingga, masyarakat Kabupaten Bandung tidak akan sulit bergaul dengan Syahrul, bahkan dia sosok muda yang energik dan mudah bergaul. Bagi kami di DPD, Syahrul aset bangsa yang coba kami sampaikan kepada masyarakat.Insya Allah masyarakat akan menerima dengan terbuka siapa pun yang hadir di Pilkada nanti," terangnya.

Disinggung terkait sosoknya yang lahir dari dunia entertainment, kata Agus, pada prinsipnya seorang politisi harus memiliki modal sosial. Sehingga, meski berangkat bukan dunia politik, akan sama saja.

"Tinggal bagaimana modal sosial ini mampu diakselerasi dalam waktu terbatas, sehingga masyarakat menjadi bagian dari dirinya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Agus mengungkapkan, Partai Nasdem berambisi meraih kemenangan pada Pilkada Kabupaten Bandung 2020 mendatang. Posisi Wakil Bupati rasanya menjadi incaran yang realistis.

"Posisi Bupati bagi kami adalah suatu impinan. Tapi, secara realistis kami harus mengukur diri, karena Nasdem hanya mendapat lima kursi di DPRD Kabupaten Bandung. Sehingga bagi kami, bisa mendapat kursi Wakil Bupati juga alhamdulillah," ungkapnya.

Dirinya pun mengaku optimis, Partai Nasdem bisa meraih kemenangan pada Pilkada Kabupaten Bandung 2020. Hal tersebut ditunjang dengan jaringan Partai Nasdem yang sampai ke basis tingkat RW, yang sudah termobilisasi dengan baik, sehingga infrastruktur partai yang sudah kokoh ini bisa menjadi bagian alat penunjang kemenangan.

Selain itu, pihaknya pun sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai politik. Dan menariknya, lanjut dia, hampir semua parpol sangat terbuka. Sehingga, Nasdem pun membuka diri dan siap untuk berkoalisi dengan siapapun.

"Prinsipnya kami akan mengukur dulu lewat survei. Nanti dilihat, bahwa partai yang kemudian hari ini memungkinkan untuk menang dengan siapa? Kami bukan ingin ikut Pilkada kemudian jadi ramai saja, tapi kami ingin menang. Maka dengan siapapun dalam kalkulasi politik harus dilakukan," ujarnya.

Sebelum akhirnya menunjuk satu nama untuk dipercaya maju dalam pencalonan, internal Partai Nasdem akan melakukan survei terlebih dahulu melalui tiga kali tahapan, yakni saat ini, pertengahan, dan menjelang pelaksanaan.

"Di Nasdem tidak ada yang bisa lolos tanpa melalui survei. Wajib melalui tahapan itu. Dari survei, yang akan dilihat pertama popularitas dan elektabilitas, kemudian nanti keterpilihan, dan terakhir situasi psikologi masyarakat Kabupaten Bandung," jelasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR