SSB Panama Cimahi Terapkan Sistem Promosi dan Degradasi

Maung Ngora

Minggu, 13 Oktober 2019 | 17:05 WIB

191013170640-ssb-p.jpg

Ferdy Soegito Putra


UNTUK mencetak para pemain yang disiplin serta berdaya saing tinggi, Sekolah Sepak Bola (SSB) Panama Cimahi, terapkan sistem promosi dan degradasi dalam program pembinaannya. Diketahui, di setiap kelompok usia (KU), SSB Panama telah memiliki 3 kategori kelas mulai dari tim A sampai yang baru terjun di tim C.

"Membahas pembinaan di SSB Panama kita lakukan secara berjenjang sesuai dengan kelompok usia (KU), namun di setiap KUnya kita memiliki beberapa kategori kelas dimana untuk mencapai ke tim A seorang anak perlu menunjukan raport yang baik selama ia menjalani latihan," kata Pelatih SSB Panama KU 11 (2008), Aries Nurdiansyah saat dijumpai di Stadion Sangkuriang, Kota Cimahi, Minggu (13/10/209).

Meskipun telah menerapkan sistem promosi dan degradasi, SSB Panama pun telah mendukung para pemainnya dengan memberikan bekal mulai dari membentuk karakter serta kepercayaan diri melalui beberapa kurikulum yang diajarkan (fisik, teknik, skill, mental serta atitude).

Penilaian tersebut telah dituangkan melalui raport yang rutin dibagikan kepada seluruh siswa di setiap bulannya. Tujuannya agar pelatih, orangtua serta siswa SSB bisa bersama-sama mengevaluasi hasil latihan serta kekurangan yang dimiliki.

"Metodenya kita ada sistem raport, dan raport ini lah yang akan menjadi dasar penilaian seorang anak untuk berada di tim A, jadi nanti kita lihat bagaimana kemajuan anak (skill dan teknik), kehadiran anak, dan atittude anak pun akan berpengaruh," jelasnya.

Ia menegaskan dalam melaksanakan pembinaan, SSB Panama tidak sedikitpun terpengaruh dengan masukan orang tua. Bahkan jika ada yang berbakat mereka telah menyiapkan subsidi khusus bagi pemain.

"Kita pure yang menentukan pelatih. Jadi asli pembinaan, untuk materi semua SSB pasti sama. Apa lagi yang usia dini karena usia dini merupakan usia pembentukan, dan membangun pondasi," jelasnya.

Membahas mengenai Filosofi Seppak Bola Indonesia (Filenesia). SSB Panama pun disebut telah menerapkan ajaran tersebut. Seperti diketahui Filenesia merupakan ciri dan karakter dari permainan sepak bola Indonesia.

"Jadi selain memberikan kurikulum pengajaran yang sudah ada, kita lengkapi juga dengan Filenesia. Dan semua pelatih kita sudah mempunyai pengetahuan serta bekal melalui pelatihan filenesia," katanya.

Senada dengan Kepala Sekolah SSB Panama, Budi Andryansah menuturkan dalam melaksanakan pembinaan, SSB Panama telah memberikan materi sesuai dengan kebutuhan pemain di setiap kelompok usia (KU).

"Kita seauaikan dengan kebutuhan di setiap kelompok usia, termasuk porsi latihan. Kita lakukan latihan empat kali dalam seminggu. Dan setiap bulan kita sering adakan uji coba atau game internal untuk mengasah kemampuan siswa," jelasnya.

Sebagai gambaran, SSB Panama Cimahi berdiri sejak tahun 1987. Adapun yang menjadi prioritas dalam pembinaan di SSB Panama Cimahi diantaranya membentuk mental, fisik, kepribadian, teknik, skill, atittude seorang pemain yang tengah mengawali prestasi di dunia sepak bola.

Kerap mengikuti sejumlah kejuaraan bergengsi baik di tingkat regional maupun nasional. SSB Panama selalu berhasil meraih gelar juara dan mampu mencetak beberapa pemain berbakat.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR