Mirip Nike Air Max 97s, Dibanderol Rp 42 Juta Sepatu Kristus Ludes dalam Hitungan Menit

Ragam

Jumat, 11 Oktober 2019 | 16:01 WIB

191011160138-mirip.jpg

dailymail

Sebuah brand kreatif merilis sneaker atau sepatu kets yang mirip dengan koleksi klasik Nike Air Max 97s. Sneaker yang dinamai Jesus Shoes ini diklaim sebagai sepatu paling religius  jika bukan suci.

Bagaimana tidak, dirilis perusahaan yang berbasis di Brooklyn, MSCHF, sepatu yang dibanderol $3,000 atau tak kurang dari Rp 42 juta itu menyertakan air kudus dan kutipan injil,  Matthew 14:25 di salah satu sisinya. Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, dibuat secara terbatas sneaker edisi Jesus itu ludes dalam hitungan menit.

The Jesus Shoes dengan ayat Injil pilihan di bagian samping sol.

Air kudus diinjek ke dalam sol dengan warna biru laut.

Dibuat dengan model yang sekilas mirip edisi revamp Nike Air Max 97s, air yang disuntikkan ke dalam sol transparannya ini berasal dari Sungai Jordan yang dianggap suci dan diberi warna biru sehingga bisa terlihat. Elemen religius lainnya yaitu titik merah pada lidah atas yang merepresentasikan darah Kristus.

Terakhir MSCHF memberi sentuhan visual berupa salib di masing-masing tali serta sol dalam merah yang merujuk pada warna sepatu para Paus. Meski Paus Francis kini memutuskan untuk mengenakan sepatu kontemporer. Tak itu saja, edisi yang hanya dibuat kurang dari 24 pasang ini memiliki bau khas kemenyan yang menjadi satu dari tiga hadiah yang diberikan pada bayi Kristus seperti termaktub dalam kitab Perjanjian Baru.

Dua salib di bagian tali.

Sol dalam merah merujuk pada sepatu Paus.

Terakhir, boks sepatu beraksentuasi siluet malaikat dengan segel mirip dengan segel resmi kepausan. Dan jangan dikira jika MSCHF melakukannya untuk meningkatkan religiusitas. Mereka justru merilis Jesus Shoes sebagai bentuk sarkasme terhadap kultur kolab yang dinilai absurd.

Berbicara kepada New York Post, head of commerce MSCHF Daniel Greenberg menyebut ide muncul saat mereka berdiskusi mengenai kolaborasi tak biasa. Dan salah seorang staf melontarkan pertanyaan “konyol”. “Kira-kira jika kolaborasi dengan Yesus jadinya seperti apa?”

Picu kontroversi.

Tetap ludes.

Mengenai absurd-nya kolab dimaksud, Greenberg merujuk pada kolaborasi Adidas dengan Arizona Iced Tea. Tak mau kalah, ia menyebut mengapa tak sekalian saja dengan  Yesus Kristus.

Konsep air suci yang diinjek ke dalam sol, Greenberg yang seorang Yahudi mengaku terinspirasi mukjizat Kristus berjalan di atas air.  Hasilnya “sepatu kets suci” MSCHF yang dirilis via web reseller StockX langsung diburu dan ludes dalam hitungan menit.

Kolaborasi Adidas dengan produk teh dinilai absurd.

Tapi rupanya konsep Jesus Shoes ini memicu kontroversi dan sebagian yang mengira produk ini benar-benar di-endorse Nike meluapkan emosi pada raksasa apparel AS tersebut.

Well..


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR