Pemkot Bandung Berikan UMKM Award 2019 Kepada 15 Pengusaha Berprestasi

Bandung Raya

Kamis, 10 Oktober 2019 | 09:29 WIB

191010093048-pemko.jpg


PEMERINTAH Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) bekerja sama dengan berbagai pihak diantaranya Kadin, Perbankan, Kanwil DJP Jawa Barat I c.q. KPP Pratama se-Kota Bandung memberikan penghargaan kepada 15 pelaku UMKM berprestasi. Mereka terdiri dari bidang fesyen, kerajinan, dan kuliner.

Penghargaan tersebut diberikan pada acara UMKM Award 2019 di Bumi Sangkuriang, Jalan Kiputih No.12 Bandung, Rabu (9/10/2019). Wali Kota Bandung Oded M. Danial hadir langsung memberikan anugerah kepada para pemenang.

Kepala Dinas KUMKM Kota Bandung, Atet Dedi Handiman menuturkan, para juara terpilih berdasarkan hasil penjurian tim independen. Tujuannya adalah untuk mencari kanditat untuk diberikan serangkaian pelatihan dan pembinaan serta mendapatkan akses terhadap pembiayaan.

“Seluruh peserta UMKM Juara ini sudah mengikuti tahapan penilaian, yaitu seleksi administrasi, mentoring dan presentasi bisnis, survei lapangan, dan presentasi bisnis oleh tim penilai dari akademisi, praktisi, asosiasi, dan tenaga ahli sesuai bidangnya,” jelas Atet.

Pihaknya akan menghubungkan para pelaku UMKM ini langsung dengan start-up dari Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Bandung yang sudah bekerja sama. Dengan begitu, para pemenang tidak hanya diberikan pembinaan secara bisnis tetapi juga dari sisi teknologi.

“Contohnya ada salah satu pebisnis kripik jamur yang juara. Itu sudah tidak bisa memenuhi lagi permintaan karena proses produksinya masih tradisional. Mungkin dengan pendampingan startup dan teknologi dari ITB mudah-mudahan bisa meningkatkan produksinya jadi lebih luas lagi,” jelas Atet.

Pihaknya juga memfasilitasi para UMKM binaan Pemkot Bandung yang berjumlah 6.021 untuk bisa mendapatkan Hak Paten dan setifikasi halal. Tahun 2019, Atet mengalokasikan anggaran untuk pembuatan sertifikasi halal bagi 50 pengusaha.

“Sertifikasi halal itu ke MUI-nya bayar, tapi kami yang bayarkan untuk 50 orang, jadi pengusahanya gratis. Selebihnya kita bantu fasilitasi agar memudahkan,” katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan Kanwil DJP Jawa Barat I dan KPP se-Kota Bandung. Salah satu perwakilan dari Kanwil DJP Jawa Barat I menjelaskan, DJP mendukung pengembangan UMKM melalui program Bussines Development Services (BDS). “Melalui program BDS, Kanwil DJP Jawa Barat I dan 16 KPP di bawahnya mempunyai UMKM binaan yang secara berkesinambungan melakukan kegiatan seperti bazar, pelatihan, seminar, talk show, dan bimbingan oleh para narasumber yang kompeten di bidangnya,” ungkapnya.

Tak hanya memberikan pengetahuan, pihaknya juga membeli produk-produk binaannya. "Sebagai contoh, KPP Pratama Bandung Karees membeli produk asli UMKM sentra rajut Binong sebagai souvenir untuk kegiatan sosialisasi pajak di lingkungan KPP Pratama Bandung Karees. Kedepannya diupayakan agar setiap KPP membeli produk UMKM binaanya sebagai support bagi Pelaku UMKM,” jelasnya.

Selain itu, dengan berpartisipasi aktif memberikan dukungan dan pelayanan terhadap pelaku UMKM, akan dapat tercipta sinergi yang baik. Jika UMKM dapat berkembang, maka pelaku UMKM dapat berpartisipasi aktif membangun negara secara sukarela dengan melakukan pemenuhan kewajiban perpajakannya atau yang disebut sebagai UMKM Sahabat Pajak.


Adapun 15 pengusaha yang mendapatkan penghargaan adalah sebagai berikut:
1. Bidang Kuliner
- Buyung Salbi Alghifari (Keripik Pisang Bangnana Chips)
- Tata Santa (Kicimpring Cidadap)
- Dany Ivada Rachmawati (K’Pincut Foods)
- Rosdianty Rosjid (Nukita Food)
- Nanda Kartika Sari (Nada Cake)

2. Bidang Kerajinan
- Agam Permadi Jatnika (BohemianProject.id)
- Rima Yanthi (Souvenir Punyaku)
- Martini (M.R. Collection)
- Marwan Eka Fadilah (Grootwatch)
- Wina Santy (Tania Works)

3. Bidang Fesyen
- Ineu Fermanikam (Iffer)
- Evi Syaeful hayati (Wondrouss)
- R. Teja Sukmana (Pa-Kir)
- Wahyuning Hoedayanti (Klambikoe)
- R. Ike Nopelly (JoFAN Design)

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR