Enam Hal Kecil Ini Bisa Menurunkan Berat Badan Kamu

Ragam

Rabu, 9 Oktober 2019 | 22:37 WIB

191009214002-enam-.jpg

hellosehat


MEMILIKI tubuh ideal adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Apalagi buat kaum hawa, kalau berat badan sudah naik, seakan dunia runtuh. Buru-buru deh langsung sibuk mencari cara mengurangi timbangan, salah satunya dengan berolahraga. Mulai dari lari, yoga, ikut senam ini itu, dan lainnya.

Selain berolahraga, ada juga yang bela-belain diet ketat. Mengurangi porsi makan nasi, sampai tidak sama sekali. Mereka hanya mengonsumsi buah dan sayuran saja. Cara terakhir kadang dirasa berat bagi sebagian orang.

Sebenarnya adakah cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa harus ‘menyiksa’ diri? Ternyata ada. Enam hal atau kebiasaan kecil ini dapat menurunkan berat badan kamu. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini seperti dilansir dari cermati.com.

1. Banyak Minum Air Putih

Mau menurunkan berat badan tapi masih jarang minum air putih? Ya, bakalan lama prosesnya. Mulai sekarang kurangi mengonsumsi minuman bersoda, kopi, teh, atau minuman manis lain dan beralih rajin minum air putih.

Menurut sebuah penelitian, rutin menenggak air putih dapat menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan tubuh kamu. Caranya minum 1-2 gelas air putih setiap pagi dan konsumsi 2 liter per hari untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.

2. Siapkan Sarapan Sehat Setiap Hari

Sarapan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan lupa untuk sarapan setiap hari. Buat kamu yang suka telat bangun bisa mulai menyiapkan menu sarapan sehat di malam hari, agar tidak sarapan dengan tergesa-gesa pada pagi harinya lantaran bangun kesiangan.

Jika memang terbiasa bangun pagi, kamu bisa membuat sarapan sehat saat itu. Lumayan kan untuk mengganjal perut sampai siang hari. Nah kalau tidak sarapan, tubuh akan terasa lemah, perut keroncongan, tidak konsentrasi bekerja. Akibatnya, kamu akan ngemil makanan yang tidak sehat, seperti snack chiki, gorengan, atau mie instan.

3. Kurangi Makanan dengan Tekstur Mudah Ditelan

Apa tidak boleh mengonsumsi makanan dengan tekstur mudah ditelan? Sebenarnya boleh, asalkan diperhatikan takarannya. Jangan sampai berlebihan. Contohnya es krim dan mashed potatoes.

Kedua makanan tersebut sangat mudah dikonsumsi karena lumat di mulut. Akibatnya kamu jadi ingin mengunyahnya terus-menurus dan tanpa disadari mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Hal itulah yang sebaiknya dihindari untuk menjaga tubuh tetap ideal atau menurunkan berat badan.

4. Jangan Makan Sambil Kerja

Kesibukan sehari-hari kadang memakan jatah waktu makan siang kamu. Walhasil, makan sambil bekerja menjadi pilihan. Makan di meja kerja, di depan laptop sambil menyelesaikan pekerjaan. Ini yang harus dikurangi mulai dari sekarang.

Mengapa makan sambil kerja dapat menambah berat badan? Karena khawatirnya kamu tidak dapat mengontrol porsi makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jika terlalu banyak, sudah pasti berpengaruh pada berat badan.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak

Sudah tahukan kalau makanan berminyak dapat menambah berat badan? Kalau sudah, perhatikan makanan yang akan kamu konsumsi. Kurangi makanan seperti gorengan, dan makanan berminyak lainnya. Hal ini berlaku juga bagi makanan yang mengandung olive oil atau minyak zaitun. Walau terbukti lebih sehat, namun kandungan kalorinya tetap sama.

6. Durasi Tidur yang Cukup

Ternyata waktu tidur kamu memengaruhi berat badan. Orang yang kurang tidur akan mengalami kenaikan berat badan. Mengapa? Karena kurang tidur dapat mengakibatkan stres. Secara ilmiah, jika stres, hormon kortisol akan meninggi. Cara tubuh untuk menurunkan hormon kartisol adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat.

Kebayangkan kalau banyak makan makanan seperti itu, berat badan akan naik drastis. Oleh sebab itu, tidurlah yang cukup. Idealnya, tubuh kita butuh tidur selama 7-8 jam setiap malamnya. Dengan begitu, badan akan tetap fit, kesehatan dan berat badan terjaga.

Mulai Dari Sekarang
Jangan bingung lagi untuk menurunkan berat badan. Karena enam kebiasaan tersebut memang sepele, tapi kalau dilakukan secara konsisten, hasilnya bisa dirasakan. Lakukan mulai dari sekarang, jangan menunggu besok, lusa, dan lama-lama hanya angan-angan sehingga tubuh kamu makin melar. Selamat mencoba.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR