Begini Komitmen Bupati Bandung Barat terhadap Disabilitas

Bandung Raya

Rabu, 9 Oktober 2019 | 10:09 WIB

191009101302-begin.jpg

instagram/aa.umbara


BUPATI Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meresmikan Bale Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) di Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (7/10/2019).

Aa mengungkapkan, peremian Bale RBM sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap disabilitas yang masih kerap mendapatkan stigma negatif di masyarakat.

Baca Juga: Bupati Bandung Barat Ajak Warga dan Netizen Ringankan Beban Bocah Korban Kecelakaan

"Inilah kenapa kita harus memperhatikan teman-teman disabilitas. Mereka juga mempunyai hak. Saat ini konsen pemerintah adalah bagaimana ketika keluarganya sudah tiada. Pemerintah pusat dan daerah serta masyarakat, termasuk LSM harus bekerjasama supaya mendorong mereka mandiri," katanya seperti dikutip galamedianews dari akun instagram pribadi Aa Umbara, Rabu (9/10/2019).

Disebutkan, stigma negatif masyarakat tentang difabel juga masih kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. Sedangkan pengertian difabel (different ability) adalah seseorang yang keadaan fisik atau sistem biologisnya berbeda dengan orang lain pada umumnya.

Baca Juga: Bupati dan 8 Pejabat Kab Bandung Barat Raih Penghargaan

"Kebanyakan keluarga yang memiliki anak difabel dan masih menganggap aib serta malu untuk terbuka. Padahal, anak difabel juga memerlukan hak yang sama salah satunya pendidikan," tulisnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR