Bupati Subang, TPA Panembong Sudah Tidak Layak

Daerah

Rabu, 25 September 2019 | 17:43 WIB

190925174421-bupat.jpg

Dally Kardilan

Bupati Subang, H.Ruhimat saat melakukan peninjauan ke TPA Panembong di Parung, Subang.

TEMPAT Pembuangan Akhir (TPA) Panembong yang berlokasi di Kampung Caringin RT 32 RW 12 Kelurahan Parung, Kecamatan Subang dinilai Bupati Subang, H.Ruhimat sudah tidak layak lagi dan harus segera dipindahkan.

Saat melakukan peninjauan bersama Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Rona serta Sekdis LH, Nono dan pejabat terkait lainnya, Rabu (25/9/2019), menyatakan kalau kondisi saat ini 150 ton sampah setiap harinya dibuang ke sana sudah tidak memungkinkan lagi.

Belum lagi keberadaannya yang tidak jauh dari sungai Cilamatan, kerap kali terjadi limpasan permukaan sampah hingga mengganggu bagi lingkungan. Beberapa kali dilakukan perbaikan dengan membangun TPT tetapi bila musim peghujan terjadi longsoran sampah dan mencemari perairan sungai.

“Untuk itulah kita berharap dari pihak PTPN VIII maupun Perhutani yang memiliki lahan luas bisa fokus dalam membantu pemerintah Daerah dan masyarakat Subang. Kitapun dalam waktu dekat akan meminta bantuan kepada Gubernur Jawa Barat,“ ungkap Bupati apalagi di TPA kerap terjadi kebakaran.

Bahkan saat meninjau tampak masih terdapat titik api yang membakar lahan tempat pembuangan sampah di beberapa bagian dan juga asap masih menyelimuti awan. Untuk mengantisipasi agar tidak meluas, petugas dari Damkar Satpoldam sudah sepekan berada di lokasi termasuk dari Dinkes dan PMI bila diperlukan menyiapkan tenaga medis dan ambulance.

Kabid. Damkar Satpoldam Subang, Dede Rosmayandi pun hingga saat ini belum mengetahui penyebab kebakaran. Namun dugaan dari hasil penyelidikan dan keterangan warga setempat kemungkinan disebabkan musim kemarau saat ini dan kemungkinan sisa pembakaran daun kekeringan yang terbawa angin. Ditambah medan dan banyaknya sampah plastik yang sulit dipadamkan.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR