Sekda dan Kadishub Prihatin Banyak Pelajar Korban Kecelakaan Lalulintas

Daerah

Selasa, 24 September 2019 | 16:36 WIB

190924163721-sekda.jpg

Dally Kardilan

Sekda Subang, H.Aminudin saat mengetes siswa SMK terkait berlalu-lintas

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Subang, H.Aminudin mengaku prihatin dengan banyaknya korban kecelakaan lalu-lintas dari kalangan pelajar, terutama pengguna sepeda motor. Lebih memprihatin lagi belum waktunya berkendara tetapi memaksakan diri.

“Hari ini dari Dinas Perhubungan Subang sengaja datang ke sini untuk memberikan ceramah umum keselamatan lalu lintas,“ kata Sekda didampingi Kadishub Subang, Rona Mairansyah usai membuka ceramah umum keselamatan bagi pelajar SMK se-Subang dan sosialisasi Salud bagi Guru PAUD Se-Kabupaten Subang di Aula SMKN 2 Subang, Selasa (24/9/2019).

Menurut Sekda, tingginya tingkat kecelakaan lalu-lintas bukan hanya di Subang tetapi di Indonesia dan didominasi dari kalangan pelajar. Untuk itulah guna mencegah banyaknya lagi korban yang berjatuhan akibat kecelakaan, para pelajar bisa sadar dan patuh akan keselamatan lalu lintas.

“Kesadaran harus datang dari diri sendiri bukan dari yang lain, sebab sering kali ulah sendiri mengakibatkan kecelakaan dan merugikan orang lain pula dalam berlalu-lintas, “jelasnya.

Apalagi kata dia, dalam sosialisasi ini juga diikuti para guru PAUD. Sehingga nantinya guru-guru PAUD di Kabupaten Subang bisa menjadi pelopor dalam mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat.

“Terutama dalam hal ini anak-anak didiknya, yang diberikan pendidikan dan edukasi sejak dini mengenai pentingnya menjaga keselamatan,” tambahnya.

Kadishub Subang menyatakan tingginya angka kecelakaan yang kebanyak akibat human error. Diharapkan dengan sosialisasi tersebut dapat mencegah terjadinya kecelakaan yang dialami para pelajar di Kabupaten Subang.

“Kita (Dishub) Subang akan terus bekerja keras untuk mensosialiasikan keselamatan lalu lintas ini kepada masyarakat dengan sasarannya yang utama adalah para pelajar dan anak-anak PAUD. Salah satu media sosialiasi yang telah disiapkan, adanya permainan ular tangga jawara, yakni berupa permainan yang berisi simbol –simbol lalu lintas, yang mudah diingat dan menyenagkan,” ujar Kadishub.

Kepala Sekolah SMKN 2 Subang, Iim Gunawan menyambut baik dengan adanya pelaksanaan sosialiasi keselamatan lalu lintas di sekolahnya yang menyasar para pelajar. Dengan adanya pengetahuan yang diberikan nantinya mereka lebih waspada atau berhati-hati dalam berkendara di jalan raya.

“Apalagi lebih pentingnya, pelajar harus menggunakan helm dan memiliki surat izin mengemudi (SIM),”katanya sambil menyebutkan kalau dilingkungan sekolah agak ketat terhadap penggunaan kendaraan bermotor.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR