Puluhan Pelajar Usia Dini Gelar Aksi Climate Strike

Bandung Raya

Senin, 23 September 2019 | 07:48 WIB

190923074917-puluh.jpg

ist

TK & PG Alifa Kids turut melakukan aksi climate strike di CFD Dago, Bandung, Minggu (22/9/2019). Aksi ini diikuti oleh puluhan pelajar Alifa Kids dari jenjang toddler, playgroup, TK A, dan TK B. Anak-anak turut didampingi oleh orang tua dan seluruh guru Alifa Kids.

Aksi dimulai pada pukul 06.30 WIB hingga pukul 08.30 WIB. Aksi dibuka dengan kegiatan menghias tas belanja, senam anak sehat, longmarch dan disertai dengan penandatanganan petisi oleh pengunjung CFD.

Dalam aksi ini, anak-anak mengkreasikan tas belanja yang kemudian diserahkan kepada orang tua mereka untuk digunakan saat berbelanja.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya penyadaran kepada orang tua dan masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan sekitarnya dengan mengurangi penggunaan kantong plastik. Masyarakat diajak untuk menggunakan tas yang ramah lingkungan sebagai pengganti plastik saat berbelanja. Hal ini juga sebagai upaya Alifa Kids dalam membentuk karakter anak didik agar peduli terhadap lingkungan.

Aksi ini sebagai respon dari anak-anak terhadap perubahan iklim global yang efeknya semakin terasa. Adapun aksi yang dilakukan hari ini merupakan rangkaian puncak dari pembelajaran di kelas mengenai penyadaran kondisi bumi saat ini selama satu minggu terakhir. Dalam pembelajarannya, anak-anak disadarkan bahwa semakin banyak sampah yang tidak terkelola, suhu bumi semakin meningkat, kebakaran hutan, hingga reboisasi. Pada hari Kamis lalu, anak-anak diajak untuk menanam tanaman di lingkungan sekolah sebagai praktik reboisasi.

Aksi climate strike ini telah dilakukan oleh pelajar di berbagai negara pada 20 September 2019 yang pada mulanya diprakarsai oleh Greta Thunberg, pelajar 16 tahun asal Swedia

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR