Kreatif, Warga Lembang Ciptakan Mesin Pembakar Sampah Portabel

Bandung Raya

Minggu, 22 September 2019 | 17:26 WIB

190922172931-kreat.jpg

Dicky Mawardi

SAMPAH selalu menjadi persoalan yang selalu dihadapi manusia. Bau yang ditimbulkan dan keterbatasan lahan seolah sulit untuk ditangani. Namun, persoalan-persoalan tersebut justru memunculkan ide kreatif Warga Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Berawal dari upaya untuk mengatasi tumpukan sampah yang berserakan di sejumlah lokasi, sekelompok warga RW 04 kemudian mencoba membuat mesin pembakar sampah portabel dan ramah lingkungan.

Cara kerja mesin ini terbilang sederhana. Berbagai jenis sampah rumah tangga dimasukan dalam drum bekas sebagai tempat pembakaran sampah. Selanjutnya, drum ditutup dengan pelat besi yang disambungkan dengan vakum.

Lalu dibakar dengan bantuan listrik. Selama pembakaran kurang lebih 30 menit, akan keluar asap tipis dari pipa cerobong di bagian atas drum.

Ide membuat mesin pembakaran sampah ini telah muncul beberapa tahun lalu, namun baru direalisasikan pada bulan Agustus dengan masa ujicoba selama dua minggu.
Ketua RW 04 Yusuf Hidayat menyakini alat pembakar sampah portabel ini tidak akan menimbulkan polusi udara lantaran sudah melewati serangkaian ujicoba.

"Asap hasil pembakarannya sangat minim dan cocok digunakan untuk satu RT. Alatnya pun sudah dipasangi roda sehingga sampah bisa dibakar dimana saja, tanpa perlu lahan yang luas dan berbau kata Yusuf, Minggu (22/9).

Ia mengatakan, mesin tersebut baru dimanfaatkan oleh warga kompleks di sekitar rumahnya. Berkat mesin tersebut, setidaknya bisa mengurangi dampak pencemaran sampah.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR