Hanya Satu yang Pernah Menangi Ballon d'Or, Kiper Terbaik Dunia Kini Akan Bersaing demi Yachine

Soccer

Jumat, 20 September 2019 | 10:14 WIB

190920101358-hanya.jpg

dailymail

Kiper Liverpool Alisson Becker diprediksi menjadi kandidat nomine penjaga gawang terbaik dunia.

Penyelenggara penghargaan prestisius France Football mengumumkan trofi  baru sebagai penghormatan bagi kiper terbaik dunia. Jika pemain di posisi lain mendapat anugerah Ballon d’Or maka penjaga gawang terbaik dunia di setiap musim akan dianugerahi trofi Yachine. Nama trofi terbaru ini diambil dari nama mantan penjaga gawang legendaris Uni Soviet, Lev Yashin.

Dikutip dari DailyMail kemarin penghargaan bagi kiper terbaik bakal diberikan di ajang penganugerahan pemain terbaik Ballon d'Or atau Bola Emas. Yashin yang memperkuat Uni Soviet selama 13 tahun dari 1954-1967 menjadi satu-satunya penjaga gawang yang memenangi Ballon d'Or yaitu edisi tahun 1963.

Lev Yashin dalam poster Piala Dunia Rusia tahun lalu.

Penghargaan bergengsi ini awalnya diberikan kepada pemain terbaik Eropa dan dipilih oleh jurnalis di seluruh benua. Kini Ballon d’Or merupakan penghargaan global dengan voting suara melibatkan pelatih dan kapten tim nasional.

France Football juga akan mengumumkan  daftar 10 nominasi kiper terbaik tahun ini per 21 Oktober mendatang. Klub Liga Premier kemungkinan akan masuk daftar berkat penampilan meyakinkan kiper Liverpool Alisson Becker dan penjaga gawang Manchester City Ederson.

Kiper Manchester City Ederson masuk bursa nomine.

Belakangan penghargaan ini didominasi para pemain dengan posisi penyerang. Bintang Barcelona Lionel Messi dan pemain anyar Juventus Cristiano Ronaldo menjadi dua nama yang mendominasi ajang Ballono d’Or dalam satu dekade terakhir. Mereka sama-sama telah mengoleksi lima Ballon d’Or.

Baru tahun lalu dominasi Messi dan Ronaldo terputus ketika gelandang Real Madrid Luca Modric membawa pulang trofi Bola Emas penampilannya di Liga Champions dan kontribusinya di Piala Dunia bersama Kroasia. Ballon d'Or edisi 2019 sendiri baru akan diadakan pada 2 Desember.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR