Mahasiswa Sekolah Vokasi Prodi TI-UNS Ciptakan Aplikasi "Pemandu Wisata"

Nasional

Kamis, 19 September 2019 | 19:55 WIB

190919195706-mahas.jpg

Suasana pameran dan festival teknologi informasi "SMart IT Fest" karya mahasiswa Sekolah Vokasi Program D-III TI-UNS untuk pengenalan kepada masyarakat

MAHASISWA Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo program studi (Prodi) Teknik Informatika (TI), membuat aplikasi khusus pemandu wisata yang memuat berbagai informasi tentang destinasi wisata, tarif maupun biaya wisata dan lain-lain. Aplikasi tersebut diciptakan khusus untuk memudahkan para pengguna melakukan perjalanan wisata, mulai dari merancang tujuan destinasi wisata, menghitung biaya penginapan, pengeluaran biaya di obyek wisata dan sebagainya.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Diploma III (D-III) Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, Hartatik S.Si, M.Si, mengungkapkan hal itu kepada wartawan, di sela kegiatan seminar, pameran dan festival TI karya mahasiswa yang bertajuk "SMart IT Fest" D-III TI-UNS, Kamis (19/9/2019).

"Karya-karya terbaru para mahasiswa berupa program, aplikasi dan lain-lain, selalu kita tampilkan dalam pameran karya tugas akhir. Dalam SMart IT Fest kali ini, kegiatan dikembangkan dengan seminar dan festival untuk mengenalkan karya mahasiswa kepada masyarakat," katanya.

Kepala Prodi TI FMIPA UNS itu menyatakan, para mahasiswa sekolah vokasi TI tersebut menekuni seluk beluk perkembangan TI yang sangat pesat. Karya aplikasi pemandu wisata tersebut yang akan segera diluncurkan, merupakan salah satu contoh hasil kreativitas mahasiswa dalam merespon kebutuhan masyarakat di era industri 4.0 sekarang ini.

"Perkembangan teknologi informasi telah mencakup berbagai bidang kehidupan, meliputi instansi pemerintahan, pendidikan dan instansi formal lainnya. Tetapi, seiring berjalannya waktu kebutuhan teknologi informasi berkembang di bidang perdagangan dan sosial, baik yang bertaraf nasional maupun internasional. Sistem online di segala bidang sudah bukan barang asing bagi masyarakat dan aplikasi pemandu wisata online itu juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Pengenalan produk-produk terbaru di dunia teknologi informasi, sambung Hartatik, sangat penting dalam menunjang kebutuhan masyarakat. Dalam rangkaian kegiatan pameran dan festival yang digelar sampai 21 September 2019 tersebut, para mahasiswa Sekolah Vokasi Prodi TI-UNS memajang berbagai ragam karya TI sebagai sarana pengenalan kepada masyarakat, instansi, dunia usaha, pelajar dan lain-lain, khususnya pemerhati perkembangan pesat di dunia teknologi informasi.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR