Uang Pinjaman Rp 100 ke Bank Ikut Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

Bandung Raya

Selasa, 17 September 2019 | 20:00 WIB

190917200252-uang-.jpg

Dicky Mawardi


KEBAKARAN yang menghanguskan 11 kios oleh-oleh peuyeum di Jalan Raya Cipatat-Padalarang, Kampung Tagogmunding RT 05/RW 08, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Senin (16/9/2019) malam menyebabkan kerugian sekitar Rp 1 miliar. Bukan hanya bangunan, barang dagangan dan harta benda lainnya, juga uang tunai habis dilalap si jago merah.

Uang tunai sebesar Rp 10 juta milik salah seorang pedagang, Siti Aisyah ikut terbakar dalam peristiwa tersebut. Saat ditemui, raut wajah perempuan berusia 44 tahun ini masih menyiratkan kesedihan.

"Semua harta benda milik saya habis semua. Uang Rp 10 juta yang tadinya buat belanja hari ini dan sebagian akan disetor ke bank ikut terbakar. Pas kejadian saya panik, sampai enggak ingat apa-apa," kata Siti di lokasi kejadian, Selasa (17/9/2019).

Ia mengungkapkan, memiliki pinjaman ke bank sebesar Rp 100 juta. Cicilan yang harus dia bayarkan sebesar Rp 4 juta per bulan.

"Saya pinjam ke bank buat modal usaha. Uang pinjaman Rp 100 juta buat modal membuka usaha dan sewa tempat Rp 20 juta per tahun.

"Semuanya habis dalam hitungan menit, enggak menyisakan sedikitpun. Modal usaha Rp 100 juta habis. Saya enggak tahu apa yang harus dilakukan untuk memulai jualan kembali," lirihnya.

Dugaan sementara api berasal dari warung sekaligus rumah tinggal milik Eti. Berdasarkan keterangan saksi.mata, Yayat sewaktu sedang berada dalam rumah sambil berjualan, mendengar letupan suara ternyata melihat api dari atas warung atau rumah Eti.

Api bertambah besar kemudian dengan cepat merambat ke bangunan warung yang berada di sebelahnya.

Pada saat kejadian melintas truk tangki isi ulang yang membantu memadamkan api. Tak lama kemudian datang mobil pemadam kebakaran dari UPTD Damkar Kabupaten Bandung Barat.

"Ada 11 warung yang terbakar. Tidak ada korban jiwa dan api sudah berhasil dipadamkan sekitar setengah jam," kata Kepala Desa Citatah Mumung Jebred melalui pesan whatsapp.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR