Inilah Salam Pertama Kali Diucapkan Manusia

Ragam

Selasa, 17 September 2019 | 01:04 WIB

190916174901-inila.jpg

Net

SEJARAH salam sama tuanya dengan sejarah umat manusia. Ucapan salam sudah ada sebelum Nabi Adam alaihissalam diturunkan ke dunia.

Dari Abu Hurairah ra , Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Allah telah menciptakan Nabi Adam as dengan bentuk yang panjang (tingginya) nya 60 dziro (+/- 30 m). Tatkala Nabi Adam alaihissalam sudah tercipta, Allah berfirman, "Pergilah dan berilah ucapan salam kepada para malaikat yang duduk , dan perhatikan penghormatan apa yang mereka berikan kepadamu. Karena itu merupakan penghormatan kepadamu dan kepada anak cucumu (kelak)".

Lalu Nabi Adam alaihissalam mengucapkan, "Assalamualaikum" dan para malaikat pun menjawab, "Assalamu'alaika wa rahmatullah". Kata warahmatullah yangg ditambahkan para malaikat berarti, "Semoga Allah memberi rahmat kepadamu" (HR. Muttafaqun 'Alaih).

Hukum mengucapkan salam Sunah. Namun untuk menjawabnya adalah wajib. Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menebarkan salam antar sesama Muslim.

"Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah tali silaturahmi, dan salatlah ketika orang-orang sedang tertidur nyenyak, niscaya kalian akan masuk surga dengan damai" (HR. Tirmidzi dari Abdullah bin Salam ra).

"Ada seorang laki-laki bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, “Islam bagaimana yang bagus?” Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, “Engkau memberi makan (kepada orang yang membutuhkan), mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal.” (HR. Bukhori dan Muslim).

“Apabila di antara kalian berjumpa dengan saudaranya, maka hendaklah mengucapkan salam kepadanya. Apabila terhalang oleh pohon, dinding, atau batu (besar), kemudian dia berjumpa lagi, maka hendaklah dia mengucapkan salam (lagi).” (HR. Abu Dawud).

"Orang yang naik kendaraan memberikan salam kepada orang yang berjalan kaki, sedangkan orang yang berjalan memberikan salam kepada orang yang duduk, dan yang sedikit jumlahnya memberikan salam kepada yang lebih banyak" (HR. Muttafaqun 'Alaih).

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR