Aa Umbara akan Rotasi Ratusan Pejabat

Bandung Raya

Kamis, 12 September 2019 | 12:59 WIB

190912130009-aa-um.jpg

dok

Bupati KBB, Aa Umbara


ROTASI pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat akan kembali dilakukan secara besar-besaran pada Oktober 2019 mendatang. Rotasi akan diberlakukan untuk eselon III (A/B) dan IV (A/B), dan untuk eselon II (B) akan melalui tahapan open bidding terlebih dahulu.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, rotasi dilakukan berdasarkan hasil evaluasi kinerja dalam momentum satu tahun kepemimpinan Aa Umbara-Hengki Kurniawan (AKUR), yang akan jatuh pada 20 September 2019.

"Insyaallah paling telat Oktober. Yang dirotasi ratusan pejabat. Sekarang tim penilai kinerja ASN (Pengganti Baperjakat), sedang merancang dan menganalisa. Rotasi ini juga lantaran tahun ini banyak ASN yang pensiun serta terjadi kekosongan di sejumlah SKPD," ungkap Aa Umbara saat ditemui di ruang kerjanya Komplek Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Ngamprah, Kamis (12/9/2019).

Aa mengatakan, alasan rotasi besar-besaran ini karena kebutuhan pengisian jabatan. Selain itu, juga atas dasar kebutuhan sosok pejabat yang bisa merealisasikan program AKUR.

"Rotasi kali cukup besar dibanding sebelumnya, karena mencapai ratusan orang. Kami fokus ke eselon III dan IV dulu. Sambil berjalan, kiami juga akan menggelar open bidding untuk pengisian eselon II (B) untuk mengisi yang kosong," ujarnya.

Dirinya mengaku sudah mengantongi nama-nama pejabat yang harus terlempar dari jabatan lama dan diisi oleh orang-orang baru. Termasuk, Aa pun sudah menilai sejumlah dinas yang masuk raport merah lantaran tak bisa “Lumpat” selama satu tahun terakhir ini, terutama tak memiliki prestasi dan inovasi.

"Walau pun tim penilai kerja sedang bekerja, tapi saya juga sudah tahu mana saja orang-orang yang akan dirotasi. Ini berdasarkan penilaian kinerja setahun ini, karena dalam perjalanannya banyak yang lelet. Intinya, mereka yang dirotasi belum bisa mengimplementasikan keinginan Bupati dengan jargon Bandung Barat Lumpat dan Sagala Boga Sagala Aya," terangnya.

Aa berharap, setelah dilakukan rotasi nanti, para pejabat bisa langsung bekerja sesuai dengan visi dan misi AKUR. Sebab, masih banyak potensi yang belum tergali untuk membawa Kabupaten Bandung Barat lebih maju dan sejahtera.

"Harapannya bagi pejabat yang nanti dilantik harus memperbaiki kinerja, yang terpenting juga harus mampu menggali potensi yang ada. Karena Bandung Barat ini sagala boga sagala aya (segala punya segala ada)," katanya.

Untuk diketahui, sejak kepemimpinan AKUR satu tahun terakhir ini, Aa Umbara sudah beberapa kali melakukan pelantikan terhadap pejabat di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Pertama melantik 5 pejabat administrator, dilanjutkan pada tahap dua pelantikan bagi 37 pejabat administrator dan pengawas. Diteruskan dengan pelantikan terhadap ratusan kepala sekolah untuk tingkat SD dan SMP. Terakhir, pelantikan enam pejabat eselon II (B).

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR