Diagnosis dan Pencegahan Penyakit Jantung

Ragam

Rabu, 11 September 2019 | 14:47 WIB

190911144924-diagn.jpg

dok


JIKA tidak segera ditangani, penyakit jantung bisa mengakibatkan komplikasi yang dapat menghilangkan nyawa seseorang. Saat jantung tidak menerima suplai darah yang cukup untuk memompa darah, kinerjanya pun akan menurun. Kondisi ini dikenal sebagai gagal jantung dan dapat terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap.

Melalui tahap diagnosis awal, dokter biasanya menanyakan tentang gejala, riwayat kesehatan keluarga, serta pola hidup yang dilakukan. Jika mencurigai Anda mengidap penyakit jantung, dokter menganjurkan untuk menjalani beberapa pemeriksaan, seperti tes darah, elektrokardiogram, angiografi koroner, CT scan dan MRI scan.

Baca Juga: Gejala dan Penyebab Penyakit Jantung

Beberapa cara untuk pencegahan penyakit jantung yang dapat dilakukan seperti dikutip dari halodoc.com, antara lain menerapkan pola hidup sehat dengan mengurangi makanan berkoleterol tinggi serta olahraga secara rutin, berhenti merokok dan mengurangi konsumsi minuman keras.

Khusus bagi pengidap angina atau angina duduk, pencegahan penyakit jantung perlu dilakukan demi menghindari serangan jantung serta komplikasinya. Oleh karena itu, pengidap angina dianjurkan untuk meminum obat-obatan yang diberikan oleh dokter dan sesuai dengan dosis.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR