Hakim: Pemkot Cimahi Harus Cabut IMB Guest House Mewah di Setraduta

Meja Hijau

Selasa, 10 September 2019 | 12:57 WIB

190910125815-hakim.jpg

dok

ilustrasi


MAJELIS hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung mengabulkan gugatan warga terkait izin mendirikan bangunan (IMB) guest house di wilayah permukiman mewah Setraduta. Hakim meminta Pemerintah Kota Cimahi selaku tergugat untuk membatalkan IMB.

"Mengabulkan gugatan penggugat secara seluruhnya. Membatalkan IMB yang diterbitkan tergugat," kata majelis hakim PTUN yang diketuai Husban saat membacakan amar putusan di PTUN Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (10/9/2019).

Wartawan PR, Yedi Supriadi mengabarkan, dalam perkara ini penggugat yakni warga Setraduta Blok L5 Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Warga menggugat Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi berkaitan penerbitan IMB Rozzelle Guest House.

Kuasa hukum warga Denny Chandra menyatakan dengan adanya putusan ini, Pemkot Cimahi wajib untuk mencabut IMB yang diterbitkan untuk guest house tiga lantai itu. Pemkot Cimahi diberi waktu 15 hari sampai putusan inkrah.

"Keputusan baru tingkat pertama. Pihak tergugat diberikan waktu 15 hari apabila dalam waktu 15 hari nggak ada keberatan atau banding dan itu inkrah, (IMB) harus dibatalkan," kata Denny usai persidangan.

Denny menyebut putusan hakim untuk mengabulkan gugatan kliennya dianggap tepat. Sebab, dalam persidangan bukti dan fakta sudah sesuai.

"Dasar hukum sudah ada, bukti dan saksi sudah kuat. Sehingga menurut kami hukuman sudah sangat tepat mengabulkan gugatan kita," tuturnya.

Menurut Denny, pencabutan gugatan ini bukan serta merta meminta pemilik hotel merobohkan bangunan. Putusan ini, kata dia, agar Pemkot Cimahi mencabut IMB dan mengubah fungsi bangunan ke fungsi semula sebagai tempat tinggal.

"Harus dikembalikan ke awal fungsinya memang di komplek itu adalah untuk perumahaan hunian. Bukan harusnya diruntuhkan, harus dikembalikan ke perumahan," katanya.

Sementara itu kuasa hukum pihak guest house enggan berbicara banyak. "Nanti saja ya nanti," kata Ramses Nainggolan kuasa hukum pihak guest house kepada wartawan via sambungan telepon.

Seperti diketahui, sejumlah warga perumahan elit Setra Duta Bandung menggugat Pemerintah Kota Cimahi terkait penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebuah bangunan Guest House Rozelle. Warga merasa terganggu atas adanya guest house di tengah-tengah permukiman.

Gugatan dilayangkan warga ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung melalui kantor hukum Denny Chandra. Gugatan sudah masuk ke PTUN Bandung sejak April 2019.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR