Pilkades di Kab Bandung Akan Libatkan Akademisi

Bandung Raya

Senin, 26 Agustus 2019 | 15:22 WIB

190826151426-pilka.jpg

net

Ilustrasi.

SEBANYAK 199 desa di Kabupaten Bandung akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 26 Oktober mendatang.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung terpilih Cecep Suhendar mengatakan, para bakal calon (balon) kepala desa (kades) akan diseleksi. Jika balon kades berjumlah lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi tambahan yaitu seleksi akademisi.

Dengan demikian kata dia, ada lima indikator seleksi balon kades dengan pembobotan yang berbeda.

"Ada lima indikator dengan pembobotan yang berbeda diantaranya berdasarkan pengalaman, pendidikan, usia, dukungan, dan terakhir akan ada seleksi akademisi yang akan dilakukan oleh perguruan tinggi," kata Cecep saat ditemui, Senin (26/8/2019).

Cecep menambahkan, seleksi akademisi akan dilakukan pada 4 dan 5 September 2019. Seleksi akademisi akan dilakukan oleh perguruan tinggi yang ditunjuk panitia pilkades level kabupaten. Seleksi akademisi akan dilakukan secara terbuka.

"Seleksi akademisi akan dilakukan secara terbuka, hasilnya hari itu juga dari perguruan tinggi langsung diberikan kepada panitia tingkat desa, dan nanti diumumkan oleh panitia tingkat desa," kata Cecep seperti dilansirkan prfmnews.

Menurutnya, keterlibatan kampus dalam pilkades diharapkan bisa meminimalisasi praktik kecurangan dalam penyelenggaraan pilkades.

"Mudah-mudahan di tahapan ini (seleksi akademisi) yang bebannya paling tinggi untuk terjadi konflik sosial, tidak terjadi. Semua menerima, diharapakan seleksi akademisi berjalan transparan, dan terbuka," katanya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR