Perkembangan Aikido Sangat Pesat

Sport

Minggu, 25 Agustus 2019 | 17:23 WIB

190825171437-perke.jpg

R. Ris Imantoro


PERKEMBANGAN Aikido di Kota Bandung sangat pesat. Terbukti perjalanan aikido sudah 15 tahun hingga sekarang dan di Bandung sendiri sudah ada dua dojo.

Hal tersebut diutarakan Head Instructor Aikido Shudokan Indonesia Mark A. Hadiarja, pada kegiatan The 15th Annual Demonstration Aikido Shudukan Indonesia 2019, yang berlangsung di Hotel De Braga, Jln Braga Bandung, Minggu (25/8/2019).

Perkembangan pesat Aikido di Bandung ini terlihat pada kegiatan The 15th Annual Demonstration Aikido Shudukan Indonesia 2019, dimana seluruh angota Aikido melakukan demo dari jurus aikido.

"Bisa dilihat kegiatan ini merupakan open house dojo kami, supaya orang tua murid dan komunitas, dan masyarakat luar tau kegiatan kami, sekaligus ini sebagai sosialisasi kami dan memperkenalkan kepada masyarakat," ungkap Mark, seusai kegiatan.

Menurutnya, di Bandung ini hingga sekarang sudah memiliki anggota hingga 80 orang yang aktif dan masuk ke Bandung sejak tahun 2001 dan hingga sekarang masih tetap berdiri.

"Aikido adalah beladiri yg berasal dari Jepang yg memusatkan pada kuncian dan bantingan. Aikido Shudokan Indonesia bagian dari Aikido Shudokan International, yang mengajarkan sistem Yoshinkan Aikido dan di Bandung ini baru masuk tahun 2001 dan hingga sekarang, bahkan di Bandung ini sudah ada dua dojo," paparnya.

Pada demonstrasi ke 15 ini jumlah peserta yang berpartisipasi sekitar 52 orang terdiri dari anak dan dewasa. Annual demonstration ini merupakan acara tahunannya Aikido Shudokan Indonesia.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR