Anggota DPRD Garut, Dukung Pencabutan Moratorium DOB

Daerah

Jumat, 16 Agustus 2019 | 19:10 WIB

190816190404-anggo.jpg


ANGGOTA DPRD Provinsi terpilih asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil Jabar 14, Dadan Hidaytulloh setuju dengan adanya desakan dari pimpinan parpol di Jawa Barat yang mendesak pemerintah pusat untuk mencabut moratorum Daerah Otonomi Baru (DOB) salah satunya DOB Garut Selatan. 

"Dengan jumlah penduduk kurang lebih 2,5 juta jiwa serta luas wilayah yang sangat luas dengan jumlah Kecamatan 42 Kecamatan dan 420 Desa. DOB Garut Selatan memang perlu dilakukan. DOB akan berdampak positif yang mana akan lebih mudahnya dalam percepatan pembangunan satu daerah," ujarnya, Jum'at (16/8/2019).

Dikatakan Dadan, tujuan pemekaran Garut Selatan dari Kabupaten Induk Garut, adalah untuk memperpendek rentang kendali (span of control) antara pengambil kebijakan dan masyarakat dan juga untuk menciptakan pemerataan pembangunan. Konsentrasi kegiatan dan pertumbuhan pembangunan yang selama ini berada di ibu kota pemda perlu dicarikan solusinya. Sehingga DOB akan memiliki nilai positif khsusnya bagi masyarakat Garut Selatan.

"Saya sangat yakin Kabupaten Garut kalau sudah dimekarkan bukannya akan tertinggal melainkan akan lebih maju di banding dengan Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat. Termasuk Garut Selatan sendiri akan cepat maju dengan pesat. Yang mana di Garsel banyak potensi yang bisa digali dalam menciptakan percepatn pembangunan," tegasnya.

Menurut Dadan, DOB Garsel pada tahun 2014 sebenarnya sudah masuk dalam tahapan final. Hanya saja saat itu dengan dinamika politik yang sangat kencang akhirnya Presiden Jokowi memberlakukan moratorium.

Di Jawa Barat sendiri Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil sangat serius dalam menyikapi DOB dan akan berjuang habis-habisan agar hal tersebut bisa terwujud.

"Kita nanti di DPRD Provinsi Jawa Barat akan menyuarakan DOB di Jawa Barat, termasuk menjalin komunikasi dengan pihak Pemprov Jabar," cetusnya.

Namun kendati teriakan DOB terus menguat, setiap daerah yang akan menjadi daerah DOB harus segera menyiapkan data-data administrasi yang mengacu pada aturan yang baru. Soalnya, di Garut sendiri sudah banyak perubahan-perubahan.

Sementara anggota DPRD Garut dari Partai Golongan Karya (Golkar) Deden Sopian, mengatakan, dirinya bersama seluruh anggota DPRD Garut yang baru dilantik akan mendorong rencana DOB Garut Selatan.

"Kita akan dorong dan membahasnya di DPRD untuk membahas persiapan DOB Garsel," ujarnya.

Berdasarkan peraturan yang baru sebelum DOB, kata Deden, untuk Garut Selatan akan menjadi daerah persiapan Kabupaten Garut, yang mana nantinya akan memiliki Penjabat Bupati.

"Proses persiapan paling lama tiga tahun sebelum memisahkan dari Kabupaten induk," ucapnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR