Malam Ini, Fenomena Hujan Meteor Bisa Disaksikan di Langit Indonesia

Nasional

Selasa, 13 Agustus 2019 | 21:25 WIB

190813212656-malam.jpg

pikiran rakyat


KEPALA Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menyatakan fenomena tahunan hujan meteor perseid bisa diamati oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Ia menuturkan,fenomena hujan meteor ini bisa diamati mulai Selasa (13/8/2019) malam ini pukul 22.00 WIB hingga Rabu (14/8/2019) pukul 05.00 WIB dini hari.

"Setiap pertengahan Agustus bumi itu berpapasan dengan gugusan debu sisa komet Swift-Turttle. Itu menyebabkan hujan meteor perseid," jelas Thomas yang dikutip dari PRFM 107,5 News Channel.

Tak semua penghuni di belahan bumi ini bisa menikmati hujan meteor dari rasi perseus kali ini. Untuk Indonesia, fenomena antariksa tersebut akan melintasi langit mulai malam ini.

Namun, fenomena hujan meteor yang melintasi langit Indonesia akan sedikit terganggu oleh cahaya bulan purnama.

"Meteor itu debu-debu sisa komet. Karena yang perseid ini ukurannya beragam, ada yang terang dan ada yang redup. Saat malam ini adanya bulan jelang purnama itu juga seusungguhnya menganggu. Biasanya kalau dalam kondisi normal yakni gelap tanpa cahaya bulan, itu bisa mencapai puluhan meteor per jamnnya," ungkap Thomas.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR