Gunung Tangkubanparahu Telah Sepekan Erupsi

Bandung Raya

Jumat, 9 Agustus 2019 | 12:55 WIB

190809125621-gunun.jpg

ist


PUSAT Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) belum mencabut  status Waspada Gunung Tangkubanparahu.  Itu berarti sudah sepekan gunung yang identik dengan legenda Sangkuriang ini masih terus mengalami erupsi.

"Terjadi erupsi menerus di Kawah Ratu sejak pukul 00.00-06.00 WIB (Jumat,9/8). Dengan tinggi kolom abu setinggi kurang lebih 80 meter dari dasar kawah," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi pada Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dr. Hendra Gunawan melalui pesan whatsapp,  Jumat (9/8/2019).

Ia mengungkapkan,  asap kawah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 0 meter di atas puncak kawah. PVMBG juga mencatat Gunung Tangkubanparahu hingga kini masih mengalami tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 15-50 mm (dominan 50 mm).

"Kami masih merekomendasikan kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Tangkubanparahu  untuk sementara ditutup sampai jarak aman yaitu radius 1,5 kilometer dari Kawah aktif," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar Gunung  Tangkubanparahu dalam kawasan rawan bencana (KRB) II, untuk selalu waspada dan tetap memperhatikan perkembangan kegiatan Gunung Tangkubanparahu yang dikeluarkan BPBD setempat.

"Kamu juga meminta BPBD Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Tangkubanparahu T di Desa Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung," tuturnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR