IKM Kopi Kabupaten Bandung Laksanakan Bntek Permesinan di Subang

Daerah

Kamis, 18 Juli 2019 | 15:43 WIB

190718154424-ikm-k.jpg

Dally Kardilan

Peserta Bintek IKM Permesinan TTG Kopi di Kabupaten Bandung berfoto bersama dengan mesin penggiling kopi otomatis.


INDUSTRI kecil menengah (IKM) komoditas kopi yang ada di Kabupaten Bandung, selama sepekan diberi bimbingan teknis (Bintek) khusus permesinan kopi di Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna (P2TTG) – LIPI Jalan KS Tubun, Subang.

Direktur Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Logam Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Ditjen IKMA Kementrian Perindustrian, Ir Endang Suwartini,MS,c usai menutup resmi kegiatan kepada wartawan, Kamis (18/7/2019) mengatakan, kalau Bintek bertujuan mendukung komoditas unggulan daerah.

“Kita bekerjasama dengan P2TTG -LIPI Subang  dan IKM Kopi di Kabupaten Bandungtelah memiliki indikasi geografis kopi Arabica Java Preanger sehingga dengan IKM Permesinan TTG akan berkontribusi dalam peningkatan nilai jual, “jelas Endang.

Ia menyebutkan, kalau komoditas kopi di Kabupaten Bandung dinilai Kementerian Perindustrian memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. Langkah ini sejalan dengan kebijakan hilirisasi industri guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Peserta yang berjumlah 10 orang berasal dari Kabupaten Bandung selain mendapat materi teori juga praktek bagaimana mesin penggiling kopi dari basah hingga menjadi hasil produk menjadi kopi siap pakai cara membuat dan berproduksi. “Yang kita harapkan peserta itu mengembangkan industry yang sedang dijalani baik sebagai  pendamping tenaga ahli, fasilitasi mesin peralatan, restrukturisasi dan sebagainya, “pungkasnya.

Hadir dalam acara penutupan bimtek tersebut,  Kepala P2TTG- LIPI Subang,DR Pramono Nugroho,M,Eng,SC dan tamu undangan lainnya.




Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR