Pemkab Cianjur Salurkan Bantuan Perbaikan Rumah

Daerah

Kamis, 18 Juli 2019 | 09:34 WIB

190718093448-pemka.png


SATU keluarga di Kampung Cikaret Girang, Desa Limbangansari, Cianjur, Jawa Barat, akhirnya mendapat bantuan dari Pemkab Cianjur setelah sebelas tahun tinggal di dalam rumah tidak layak huni bersama puluhan ekor ayam.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, Selasa menyerahkan langsung bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu) pada Anggi Rahman (39) yang selama belasan tahun tinggal berdampingan dengan kandang ayam.

Didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur, Kepala Desa Limbangansari dan sejumlah pejabat lainnya, Herman memberikan satu sak semen sebagai bentuk simbolis bantuan dimulainya pembangunan rumah untuk Anggi dan keluarganya.

"Bantuan tersebut bersumber dari pemerintah pusat berupa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan program bedah rumah. Hari ini ada tiga titik yang secara simbolis diberikan bantuan," katanya,

Kegiatan tersebut, ungkap dia, sekaligus meninjau rumah tidak layak huni di Cianjur, sebagai upaya percepatan pemberian bantuan lanjutan. Bantuan yang diberikan untuk dikelola secara swadaya, sehingga pembangunannya lebih cepat dan anggaran dapat dioptimalkan.

Kepala Dinas Pemukiman Cianjur, Ahmad Rifai, mengatakan tahun ini ada 770 warga tidak mampu yang mendapatkan bantuan program BSPS untuk memperbaiki rumahnya yang sudah tidak layak huni.

"Pemkab juga akan menggelontorkan anggaran untuk Rutilahu di perubahan anggaran tahun ini. Ada juga program yang bersumber dari provinsi, sehingga diharapkan rutilahu di Cianjur bisa cepat teratasi seluruhnya," kata Rifai.

Sementara Anggi Rahman (39) pemilik rumah mengaku bahagia mendapatkan bantuan tersebut. Selama ini, dia bersama istri dan dua anaknya sudah belasan tahun tinggal di rumah bilik dengan kondisi yang memprihatinkan berdampingan dengan kandang ayam.

"Selama ini saya tidak bisa perbaiki rumah karena pekerjaan yang hanya buruh tani dan membajak sawah. Ini seperti mimpi menjadi kenyataan untuk mendapatkan rumah yang layak bersama keluarga," katanya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR