#HariPertamaSekolah, SDN Citapen Kota Tasikmalaya Bentuk Karakter Anak

Daerah

Senin, 15 Juli 2019 | 10:54 WIB

190715105525--hari.jpg

Septian Danardi

HARI pertama belajar bagi siswa baru merupakan hal yang sangat luar biasa. Terlebih bagi siswa yang masuk sekolah dasar (SD). Selain memasuki jenjang sebagai awal pendidikan juga memasuki dunia serta lingkungan baru bagi anak.

"Kepada para orang tua murid, kami ucapkan berterimakasih telah menjatuhkan pilihan juga kepercayaan untuk menitipkan anaknya ke SDN Citapen Kota Tasikmalaya," kata Kepala Sekolah SDN Citapen Kota Tasikmalaya, Hj Ene Rosidah, saat memberikan sambutan di hari pertama sekolah, Senin (15/7/2019).

Dikatakannya, SDN Citapen merupakan sekolah ramah anak. Demi membentuk siswa tidak hanya menjadi cendikiawan yang berintelektual, tapi juga berakhlakul karimah. Sekolah itu juga mengutamakan pengembangan pendidikan karakter anak. Religius, Nasionalis, mandiri, gotong royong dan berintegritas.

Ada sebanyak 100 siswa baru yang masuk sekolah yang berdiri sejak tahun 1908 tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ia mengajak untuk semangat belajar terhadap anak didiknya. Terutama kepada siswa kelas 1 yang nota bene merupakan siswa baru di SDN Citapen. Dikatakannya, pada awal masuk sekolah anak diberikan pengajar mengenai pengenalan sekolah selama 3 hari kedepan.

"Jadikan sekolah sebagai rumah bagi siswa-siswi, sehingga dalam mengenyam pendidikan bisa lebih nyaman. Sementara untuk awal sekolah kami memberikan pengenalan lebih dulu terhadap lingkungan sekolah, kebiasaan dan tata tertib diterapkan kepada aanak didik selama 3 hari. Diupayakan pukul 07.00 wib siswa sudah masuk kelas dan siap untuk belajar. Karena dengan kedisiplinan akan terbangun generasi yang tangguh, berkarakter dan cerdas," katanya.

Lanjut Ene, sesuai dengan Visi SDN Citapen yakni berlandaskan iman dan takwa SDN Citapen terdepan dalam prestasi, berakhlak mulia dan berbudaya lingkungan. Serta Misi sekolah dalam, Menyeimbangkan perkembangan intelektual, emosi dan spiritual sehingga membentuk peserta didik unggul dan berkualitas.

Melaksanakan pembelajaran aktif, interaktif, kreatif dan menyenangkan (Paikem). Meningkatkan dan mengembangkan Imtaq dan Iptek keunggulan lokal dan global.

Mengembangkan lingkungan sekolah bernuansa green school dan Menjalin kerjasama yang harmonis antara warga sekolah, orang tua siswa dan masyarakat peduli pendidikan.

Sementara pada kegiatan awal sekolah juga dilaksanakan musapahah usai libur sekolah sekaligus Idulfitri.

Salah satu orang tua siswa baru, Helma mengungkapkan, dirinya sangat senang bisa memasukan anaknya ke SDN Citapen. Sebab, dari penelusurannya sebagai orang tua murid, sekolah dasar tersebut sudah banyak menorehkan prestasi. Baik prestasi akademik maupun non akademik.

Selain itu, yang paling penting pilihan sekolah juga bukan masalah banyak prestasinya. Akan tetapi lebih kepada mengutamakan cara memberikan pengajaran terhadap anak didik. Hal tersebut sangat penting bagi orang tua siswa. "Sehingga tidak mudah menjatuhkan pilihan sekolah bagi anak yang dicintainya. Meski semua sekolah yang ada di Kota Tasikmalaya semuanya baik dan bagus," katanya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR