Hari Pertama Sekolah, Oded Minta Siswa Lebih Mandiri

Bandung Raya

Minggu, 14 Juli 2019 | 17:23 WIB

190714172650-hari-.jpg

WALI KOTA Bandung, Oded M. Danial berharap siswa Kota Bandung kembali memompa semangat belajar di hari pertama masuk sekolah. Ia juga mendorong agar para siswa mandiri.

Seperti diketahui bersama, Senin (15/7/2019) besok merupakan hari pertama masuk sekolah bagi siswa-siswi di Kota Bandung. Para siswa mulai dari TK, SD, SMP dan SMA sederajat kembali memulai rutinitasnya menuntut ilmu.

"Setelah berkumpul dengan keluarga, saatnya anak-anakku sekalian kembali menuntut ilmu di sekolah. Mang Oded yakin, anak-anakku sekalian mungkin sudah rindu dengan suasana belajar mengajar di sekolah," ungkapnya di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Kota Bandung, Minggu (14/7/2019).

Mang Oded berpesan tiga hal kepada para siswa-siswa di Kota Bandung, yakni harus menghormati orang tua, belajar dengan baik dan tidak lupa mengaji.

"Jangan ditinggalkan mengajinya. Agar anak-anakku sekalian bisa menjadi generasi yang rabani, cerdas spiritual dan intelektual. Karena kalian adalah generasi penerus untuk melanjutkan pembangunan Kota Bandung," tuturnya.

Kepada para orang tua siswa, Ia berpesan untuk mengajarkan kemandirian kepada anak-anaknya di hari pertama masuk sekolah. Menurutnya cara mencintai anak-anak adalah dengan mengajarkan kemandirian. 

"Silakan jika anak-anak itu minta diantar ke sekolah. Tetapi jika anaknya sudah besar, lebih baik kita ajarkan mereka untuk belajar berangkat ke sekolah sendiri," katanya.

Dikatakannya hal lain yang tidak kalah penting, adalah mengawasi dan memantau putra-putrinya oleh para orang tua. Terutama dalam pembelajaran ilmu agama.

"Hal lain yang juga dilakukan oleh orangtua adalah memantau belajar-mengajar putra-putrinya. Baik itu pelajaran di sekolah, termasuk belajar agamanya," ujarnya.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta para pendidik menanamkan semangat bela negara kepada para siswa dan generasi muda. Pasalnya, semangat bela negara harus terus diwariskan kepada generasi penerus.

"Sebagai pendidik harus mampu mewariskan semangat bela negara.Ini sebagai wujud kecintaan kita kepada tanah air," terangnya.

Yana juga mengajak Kepala Sekolah dan guru sebagai elemen bangsa untuk membangun persatuan dan kesatuan. Hal itu penting untuk menghadapi tantangan bangsa Indonesia yang semakin besar.

"Mari kita bangun sinergisitas antar warga khususnya di Kota Bandung. Walaupun berbeda latar belakang profesi , suku, agama, maupun golongan, kita harus bersatu," tambahnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR