Eka Ramdani: Festival Galamedia Cup Bagus Buat Pembinaan

Soccer

Jumat, 12 Juli 2019 | 18:59 WIB

190712185200-eka-r.jpg

Ferdy Soegito Putra


MANTAN pemain Persib, Eka Ramdhani menyebut gelaran Festival Sepak Bola Galamedia Cup IV/2019 KU 10 dan 12 baik untuk proses pembinaan usia dini. Setelah menyatakan gantung sepatu, Eka diketahui aktiv melatih para pemain sepak bola khususnya di SSB tempat ia dulu berlatih (UNI).

"Jadi ini ajang bagi anak-anak untuk mengeluarkan kemampuannya yang selama ini sudah dilatih. Dan dari Festival ini lah kita bisa melihat progres serta perkembangan mereka," kata Eka, saat dijumpai di Lapangan Sepak Bola Lodaya, Kota Bandung, Jumat (12/7/2019).

Lanjut Eka, dengan adanya Festival Galamedia pihaknya merasa lebih dimudahkan, mengingat pada masanya kompetisi sepak bola usia dini sangat jarang dilaksanakan.

"Yang saya rasakan sangat jauh sekali, dulu itu jarang kita mengikuti kompetisi. Paling dulu adanya di internal SSB atau di Persib saja. Sekarang Festival seperti ini bisa hampir tiap minggu ada," katanya.

Sehingga ia berharap Galamedia bisa terus menyelenggarakan Festival, bahkan disarankan untuk mengadakan Liga khusus usia dini. "Dengan durasi bermain sekarang mungkin kurang. Mudah-mudahan ini bisa berlanjut atau bisa dibuat seperti liga, setengah musim," katanya.

Menurutnya, potensi serta pembinaan para pemain usia dini di Kota Bandung sudah cukup merata. Tidak hanya UNI, namun SSB lain juga sudah mampu bersaing dengan ketat.
"Kalau dulu kita taunya UNI dan Saint Prima, sekarang tidak. Semua SSB bermain bagus, dan untuk pembinaan sekarang kita mengenal Filenesia dan itu sudah merata sebagai karakter bermain sepak bola Indonesia," jelasnya.

Menyinggung masa depak karirnya, Eka mengaku akan fokus dan terjun membantu prmbinaan di tingkat gresroot, Bahkan ia sudah memiliki niat untuk mendapat lisensi C kepelatihan.

"Saya lebih senang membina anak-anak. Disini banyak ilmu baru, ada beberapa hal yang dulu saya tidak dapat namun di program pembinaan sekarang saya baru dapat. Insyaallah untuk lisensi C saya akan ikuti," katanya.

Ia juga mengaku lebih terbuka memberikan pengalaman saat masih bermain untuk Persib kepada anak-anak. "Apa yang saya alami saat masih bermain saya berikan kepada anak-anak SSB ini, mudah-mudahan itu bisa menjadi motivasi bagi mereka untuk berlatih lebih giat," pungkasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR