Air Mani Sapi Beku Produk BIB Lembang Sudah Diekspor ke Malaysia

Bandung Raya

Rabu, 10 Juli 2019 | 16:23 WIB

190710160440-air-m.jpg

Dicky Mawardi

SEMEN atau air mani sapi beku yang diproduksi Balai Inseminasi Buatan (BIB)  Lembang sudah  diekspor ke  Malaysia. Datangnya permintaan dari Negeri Jiran tersebut karena kualitas semen beku yang dihasilkan tergolong  bagus.

"BIB Lembang mampu memproduksi 2 juta dosis  semen beku per tahun. Sebagian besar untuk pasar dalam negeri, tapi kita pun melayani permintaan dari Malaysia,"  kata Bagian Jasa Produksi BIB Lembang Ulus Rustandi di Cisarua,  Rabu (10/7/2019).

Diungkapkannya, permintaan akan semen beku terus meningkat setiap tahunnya. Peternak menyadari bahwa dengan menggunakan Inseminasi buatan  jauh lebih  murah.
"Harga semen beku  lebih murah ketimbang membeli satu ekor sapi berkualitas. Sementara semen beku harganya hanya Rp 7.000 per dosis, sementara kalau membeli  sapi jantan  itu bisa belasan  sampai puluhan juta rupiah,"  paparnya.

Semen beku yang dihasilkan BIB Lembang diambil dari sperma sapi jantan berkualitas.  Bahkan, kini tidak hanya sebatas sapi tapi juga kerbau, kambing dan domba.
Beberapa jenis sapi, kerbau,  kambing dan domba yang spermanya diambil untuk inseminasi buatan antara lain simmental bull, limousin bull, frisian holstein bull, Aceh Bull, ongole bull, angus bull, river buffalo, swamp buffalo,  Pasundan Bull, Madura Bull sampai Garut Sheep.

Ia mengatakan,  dalam satu dosis semen beku mengandung 25 juta sel sperma. Meski memiliki jutaan sel namun yang berpeluang bisa membuahi rata-rata satu sampai dua.

"Sebagian besar hanya mampu menghasilkan satu ekor anak. Kegagalan lebih disebabkan faktor peternak yang kurang paham," ujarnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR