Macan Kumbang Subang Dilepasliarkan di Gunung Ciremai

Daerah

Selasa, 9 Juli 2019 | 15:56 WIB

190709155200-macan.jpeg

ist

Suasana saat pelepasliaran macan kumbang jawa di kawasan Gunung Ciremai, Kuningan.


BALAI Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat dan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai akhirnya melepasliarkan macan kumbang atau panthera pardus melas jantan yang tertangkap di Subang, beberapa waktu lalu. Pelepasliaran itu dilakukan Selasa (9/7/2019).

Pelepasliaran macam yang dihadiri langsung Direktur Konservasi Keanegaragaman Hayati (KKH) Kemen LHK, drh. Indra Eksploitasia, M.Si. Menurut Ketua Yayasan Sagunung Samaung,Subang, Iis Rochati didampingi pegiat lingkungan, Cece Rahman mengatakan, kalau pelepasliaran sesuai rencana Blok Leuweung Saeutik lereng utara Gunung Ciremai.

“Kita sudah beberapa kali ikut pertemuan dan menghasilkan kalau macan tutul Jawa yang diberi nama Slamet Ramadhan akhirnya bisa menambah populasi macan sejenis di Taman Nasional Gunung Ciremai, k ata Iis dan keberadaannya pun akan tetap dimonitor selama 4 bulan GPS solar.

Sebagaimana diketahui, macan kumbang yang berhasil dievakuasi setelah masuk ke perkampungan di Desa Sindangari, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang pada 1 Juni  2019 oleh Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar Bidang KSDA Wilayah II dengan masyarakat, Pemerintah Kecamatan Kasomalang,Polsek Jalancagak, Koramil Jalancagak, Unsur Pemerintah Sindangsari, dan Kebun Binatang Bandung.

Macan itu selanjutnya dititiprawatkan di Lembaga Konservasi terdekat yaitu Kebun BinatangBandung karena mengalami luka dibagian kaki. Setelah masa perawatan selama 25 hari dan pemantauan perkembangan oleh BBKSDA Jawa Barat, Tim Medis Kebun Binatang Bandung akhirnya macan kumbang itu dikembalikan ke habitatnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR