Pemkab Bandung Barat Akan Bentuk Kecamatan Nyalindung

Bandung Raya

Senin, 24 Juni 2019 | 20:43 WIB

190624202841-pemka.jpg


PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat akan membentuk Kecamatan Nyalindung yang merupakan hasil penggabungan dari 11 desa dari 6 kecamatan. Rencana ini sudah diwacanakan sejak masa pemerintahan Bupati Abubakar namun belum terealisasi.

"Pembentukan kecamatan merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam rangka pendekatan pelayanan, pemberdayaan dan efektifitas pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan ekonomi. Target kita, tahun ini sudah dapat direalisasikan" kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat Asep Sodikin di Ngamprah, Senin (24/6/2019).

Ia mengungkapkan, desa dan kecamatan yang masuk wilayah Kecamatan Nyalindung adalah Desa Sadangmekar di Kecamatan  Cisarua, Desa Cipada Mandalasari dan Mekarjaya (Kec.Cikalongwetan), Desa Sirnaraja (Cipeundeuy), Bojongkoneng (Ngamprah), Desa Nyalindung. Cirawamekar dan Summurbandung (Cipatat), serta Desa Campakamekar dan Tagogapu (Padalarang).

Menurutnya, berdasarkan hasil kajian, potensi desa pada wilayah Kecamatan Nyalindung terdapat dua desa dalam kategori layak dimekarkan. Maka dari 11 desa kelak dapat dimekarkan menjadi 13 desa.

"Pembentukan Kecamatan Nyalindung terasa mendesak, karena desa-desa tersebut, terutama tiga desa di wilayah Cipatat jarak ke kota kecamatan terlalu jauh. Harus memutar kalau tidak ke Cikalongwetan, pilihnya melewat Padalarang," paparnya.

Ditambahkannya, kelak jika Kecamatan Nyalindung sudah terbentuk posisinya sangat strategis, berada di Jalan Raya Purwakarta. Diharapkan dengan mendekatkannya pusat pelayanan bisa mempermudah aksesibilitas warga setempat.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR