Disparbud Kabupaten Bandung Gelar Pasanggiri Degung dan Tembang Sunda Cianjuran

Seni & Budaya

Rabu, 19 Juni 2019 | 11:46 WIB

190619114830-dispa.jpeg

Kiki Kurnia

SEJUMLAH Ibu PKK Pemprov Jabar tengah berlatih seni degung di Gedung YPK Bandung.


DINAS Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung bekerjasama dengan pihak akan menyelenggarakan Pasanggiri Degung dan Tembang Sunda Cianjuran 2019. Kedua pasanggiri tersebut akan digelar di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung.

Salah seorang panitia, Heri Wijaya menyebut pasanggiri degung dan tembang Sunda Cianjuran ini, untuk memberi wadah pada masyarakat yang akan menampilkan kabisanya melalui pasanggiri. Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan melestarikan tentang seni Sunda (degung dan tembang Sunda Cianjuran) dikalangan masyarakat.

"Baik seni degung maupun tembang Sunda Cianjura, sudah mulai tergeser oleh kesenian modern dan kurang mendapat perhatian semua pihak. Oleh karena itu, bekerjasama dengan Disparbud Kabupaten Bandung berinisiatif menyelenggarakan pasanggiri," ujarnya kepada galamedianews.com, Rabu (19/6/2019).

Heri menjelaskan, untuk pasanggiri tembang Sunda Cianjuran akan digelar pada 17-18 Juli 2019 di Gedong Budaya Sabilulungan. Sedangkan ketentuan umum yang disebut pasanggiru tembang Sunda Cianjuran adalah langgam cianjuran yang lagunya meliputi papantunan, jejemplangan, dedegungan dan salendro.

"Sedangkan untuk ketentuan lainnya termasuk masalah teknis, setiap peserta bisa datang langsung kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebupaten Bandung, begitu untuk mengetahui judul lagu yang akan dipertandingkan," ujarnya.

Saat mendaftar, calon peserta wajib menyerahkan foto ukuran 3x4 dan 4x6 sebanyak dua lembar, fotocopy KTP, serta membawa surat rekomendasi dari setiap kecamatan. "Perwakilan dari kecamatan maksimal 20 orang. Pedaftaran ditutup dua hari sebelum pelaksanaan," katanya.

Sementara untuk pasanggiri degung akan dilaksanakan pada 24 Juli 2019 di Gedong Budaya Sabilulungan. Ketentuan umumnya, dalam pasanggiri degung langgam degung lagu-lagunya lagu ageung atau klasik. Calon peserta dikhususkan untuk sanggar, lingkung seni, padepokan seni yang berdomolisi di Kabupaten Bandung yang ditandai dengan surat rekomendasi dari kecamatan dan menyerahkan foto grup ukuran poscard sebanyak dua lembar.

Calon peserta pun harus membawakan lagu wajib "Pajajaran" dan lagu pilihan "Beber Layar", "Manintin", "Sabilulungan", "Kadewan", dan "Paksi Tuwung". Ada dua kategori juara dalam pasanggiri degung, yakni grup terbaik dan juru kawih terbaik.

Pasanggiri ini akan memperebutkan Piala Bergilir Bupati Bandung, piala DPRD Kabupaten Bandung, Disparbud, Passeban dan hadiah lainnya.

Untuk pendaftaran bisa menghubungi WA panitia 08116518844 dan 081287932234. Atau datang langsung ke Sekretariat panitia di Kantor Disparbud Kabupaten Bandung, Soreang.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR