Hari Ini , UPI Pentaskan Drama Tari "Purnamasari Silalatu Pajajaran"

Seni & Budaya

Senin, 17 Juni 2019 | 08:28 WIB

190617083002-hari-.jpeg

ist


FAKULTAS Pendidikan tari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, akan mementaskan pergelaran drama tari "PURNAMASARI SILALATU PAJAJARAN" di Theater Tertutup Taman Budaya Jawa Barat, Senin (17/6/2019).

Pementasan digelar dalam tiga sesi waktu sesi 1 = pukul 09.30 WIB, Sesi 2 = pukul 14.00 WIB dan  Sesi 3 = 19.00 WIB.

Berdasarkan sinopsi yang diterima, drama tari ini menceritakan kepahlawanan putri Purnamasari, anak dari Prabu Siliwangi yang membela kerajaan Pajajaran habis-habisan,dan kisah cinta yang membuatnya hancur lebur yang terjadi selama hidupnya.

Sejarah merupakan kejadian yang luar biasa yang pernah terjadi dimasa lalu dengan mengungkit peristiwa, waktu, bahkan nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah. Maka dari itu sejarah harus kita bangkitkan kembali karena dengan membangkitkan kembali kita akan tahu pahit,keluh,dan penuh tragedi yang memilukan.

Benteng Pajajaran (Lawang Gintung) merupakan benteng alami yang dibangun oleh Sri Baduga Maharaja yang sangat kokoh walaupun diserang berkali kali dalam kurun waktu yang berbeda, yang pada akhirnya benteng itu dapat dikuasai dan pajajaran menjadi “ruhay”.

Kepergian Purnamasari yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi pergi meninggalkan kerajaan Pajajaran menceriterakan pengalaman pahitnya yang ditinggal suaminya yang gugur melawan penghianat Jaya Antea. Dalam keadaan hamil bersama sisa pasukan Pajajaran sampai di Palabuhanratu yang menjadi singgasana terakhirnya.

Purnamasari, ini kisah kepahlawanan putri purnamasari yang membela kerajaan Pajajaran habis-habisan,dan kisah cinta yang membuatnya hancur lebur yang terjadi selama hidupnya.

"SALILA AYA KENEH NU MAKE NGARAN PURNAMASARI, TAH ETA SILALATU PAJAJARAN JERO HARIGU SAKUR MOJANG SUNDA ANU NYUNDA DINA SUKMA EUJEUNG ANGEN,BARIS TETEP RUHAY BOGA PANAS PIEUN NGAGEBUR HURUNG DIWAYAHNA”.

Pemeran Purnamasari : Nur Fachmi, Jaya Antea : Supriyadi, Prabu Siliwangi : Rivaldi Indra Hapidzin, Rakean Kalang sunda : Gaung Rizki Gustiaji, Kumbang Bagus Setra : Akbar Nurzaman,
Sultan Maulana Yusuf : Romario Patogian, Mayang Sagara : Gilang Adha Niswatusyakinah, Pemimpin Bajo : Ismail Muladi dan sebagainya

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR