LS Gapura Asih Awali Pementasan Seni di Pondok Seni Pangandaran

Seni & Budaya

Minggu, 16 Juni 2019 | 08:30 WIB

190616083221-ls-ga.jpg

Kiki Kurnia


LINGKUNG seni Gapura Asih dari Kecamatan Parigi mengawali pementasan seni di Pondok Seni Pamgandaran UPT Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat. Sabtu (15/6/2019).

Pementasan seni ini merupakan program UPT Pengelolaan Kebudayaan Jawa Barat bekerja sama dengan seniman budayawan dari Kabupaten Pangandaran, Ciamis dan Kota Banjar serta Asita dan PHRI Pangandaran. Tujuannya memperkenalkan seni tradisional setempat kepada kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara serta masyarakat.

Rencannya pementasan seni tradisional, khususnya ronggeng dipentaskan setiap Sabtu malam di Pondok Seni Pangandaran hingga akhir Desember mendatang.

Kasie Pemanfaatan Seni Budaya UPT Pengelolaan Kebudayaan Jabar, Iwan Gunawan didampingi Kasubag TU UPT Pengelolaan Kebudayaan Jabar, Gun Gun Gumilang menyebutkan, program pentas seni tersebut sudah dirancang dan direncanakan sejak lama, namun baru terealisir saat ini. Sebelumnya sudah beberapa kali pihaknya mementaskan kesenian baik tradisi maupun modern di Pondok Seni.

"Alhamdulillah respon masyarakat setempat dan kalangan seniman budayawan Pangandaran, Ciamis dan Banjar cukup baik. Sehingga kami dengan penuh rasa bangga melanjutkan program ini, walaupun kami hanya mampu memfasilitasi tempat dan lainnya," katanya.

Iwan mengaku akan terus menyosialisasikan program ini ke kalangan pengusaha hotel (PHRI) dan Asita Pangandaran, Banjar dan Ciamis agar disampaikan ke kalangan tamu hotel maupun biro perjalanan.

"Ini merupakan salah satu bentuk perhatian kami dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar terhadap seni budaya tradisional di wilayah Pangandaran," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran, Undang S menyambut baik upaya UPT Pengelolaan Kebudayaan Jabar) Disbudpar), dalam memajukan dan mengenalkan seni budaya Pangandaran kepada masyarakat, terutama kalangan wisatawan.

Undang berharap pementasan kesenian ini bisa meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke Pangandaran.

"Kita berharap pementasan seni di Pondok Seni Pangandaran ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran, dan wilayah lain di Pangandaran," tandasnya.

Undang menyebutkan, hingga pekan kedua Pascaliburan Lebaran (Sabtu, 15 Juni) tingkat kunjungan wisatawan mencapai 2,5 juta orang. Jumlah tersebut kata dia, adalah yang berkunjung ke Pantai Pangandaran saja belum dengan titik destinasi lainnya, termasuk .

"Kami punya lima titik destinasi yang dikelola Pemerintah dan 11 titik yang dikelola oleh swasta. Data yang masuk baru 2,5 juta wisatawan, mudah mudahan jumlahnya akan terus bertambah," tuturnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR