Benahi Profesi Guru (Pesan untuk Dirjen Guru Baru)

- 17 Mei 2020, 23:14 WIB
Indra Yusuf
Indra Yusuf

Oleh : Indra Yusuf

(Guru SMA Negeri 7 Cirebon, Wakil Ketua MGMP Geografi Provinsi Jawa Barat) 

SEJAK dulu keberadaan guru telah diakui sebagai katalisator dan dinamisator kemajuan suatu bangsa. Peranan guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Guru merupakan salah satu faktor yang memiliki peran strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan serta meletakkan dasar untuk mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa. 

Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Menanamkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air juga merupakan bagian dari karaker bangsa yang bangun oleh guru. Namun sungguh ironis jika minat generasi muda untuk menjadi guru sangatlah rendah.

Pernah pada suatu waktu saya melontarkan pertanyaan kepada siswa saya dikelas. Pertanyaanya adalah “ Siapakah diantara kalian yang bercita-cita menjadi guru?” Namun apa jawabannya, dari 40 siswa tidak lebih dari 3 siswa saja yang mengacungkan tangannya, yang artinya hampir tidak ada siswa yang bercita-cita atau berminat menjadi guru. 

Halaman:

Editor: Dodi Kabar Cirebon


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x