Ki Bagus Rangin Dijadikan Nama Jalan Baru

- 5 April 2022, 23:10 WIB

SUMBER, (KC Online).- Ki Bagus Rangin resmi digunakan sebagai nama jalan baru yang menghubungkan Kelurahan Watubelah-Pejambon Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Nama tersebut diambil dari salah satu tokoh sentral perjuangan dalam Perang Kedondong, pada tahun 1802-1818.

"Pemberian nama Ki Bagus Rangin berdasarkan masukan dari masyarakat termasuk sejarawan dan budayawan. Intinya sebagai penghormatan bagi pahlawan Cirebon," kata Bupati Cirebon, Imron, usai peresmian.

Penamaan nama ki Bagus Rangin, kata Imron, digunakan pada jalan sepanjang 740 meter yang usulannya masuk semula ada tiga nama. Ketiganya yakni, jalan Pangeran Wangsakerta, jalan Pangeran Arya Carbon dan jalan Ki Bagus Rangin.

Dari ketiga nama tersebut, kata Imron, kemudian budayawan dan sejarawan Cirebon memilih nama Ki Bagus Rangin. “Kalau saya kan tidak tahu sejarah dari tiga nama itu. Jadi sejarawan dan budayawan yang memilih nama Ki Bagus Rangin itu,” kata Imron.

Berdasarkan keterangan yang diterimanya, imbuh Imron, Ki Bagus Rangin merupakan sosok pahlawan yang memimpin peperangan terlama melawan kolonial Belanda, yakni sejak tahun 1802 sampai 1818. “Jadi, Ki Bagus Rangin ini seorang pahlawan, beliaulah yang memimpin perang melawan Belanda,” terangnya.

Halaman:

Editor: Asep Iswayanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x