Kota Makkah, Kisah Nabi dan Abu Bakar Bersembunyi

- 24 Juni 2022, 21:12 WIB
 ILUSTRASI Kabah di Kota Makkah, Arab Saudi.* Pixabay/Konevi
ILUSTRASI Kabah di Kota Makkah, Arab Saudi.* Pixabay/Konevi

Laporan-Wartawan Kabar Cirebon- Jejep Falahul Alam

PARA calon jemaah haji gelombang pertama asal Indonesia, saat ini telah tiba di kota suci Makkah dan Madinah. Bagi calhaj gelombang pertama, mayoritas telah bergerak ke Kota Makkah. Sebagian besar telah melaksanakan rangkaian ibadah Haji Tamattu seperti umroh wajib dan membayar dam (denda) dengan cara menyembelih hewan kambing. Ini berlaku bagi semua calhaj, terkecuali bagi yang niat Haji Ifrad.

Karena puncak ibadah haji baru akan digelar beberapa hari sebelum Raya Iduladha 1443 H tiba. Maka para calhaj mengisi ruang waktu itu dengan menambah amal ibadah baik di Masjidil Haram maupun berkunjung ke tempat tempat bersejarah di Tanah Haram. Hal itu seperti yang dilakukan para calhaj Jakarta-Bekasi (JKS) 11 asal Kabupaten Majalengka, yang melaksanakan wisata religi ke beberapa tempat di kota Makkah.

Seperti Jabal Rahmah. Tempat ini merupakan pertemuan pertama antara Nabi Adam dan Hawa di bumi setelah keduanya diusir dari surga.

Jabal Rahmah terletak di Bukit Arafah yang letaknya dekat dengan Masjid Namirah, dan berada di antara Makkah dan Thaif. Tempat ini kerap dikunjungi oleh para jemaah haji dan jemaah umrah. Biasanya mereka akan berdoa saat di bukit itu.

Halaman:

Editor: Ajay Kabar Cirebon


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x