Menikmati Kota Madinah Sambil Mengenang Jejak Rasulullah

- 16 Juni 2022, 21:30 WIB
 GUNUNG Uhud di Madinah Al-Munawaroh menjadi sejarah perang antara kaum muslimin yang dipimpin Nabi Muhamad SAW dengan kafir Quraisy.* Jejep/KC
GUNUNG Uhud di Madinah Al-Munawaroh menjadi sejarah perang antara kaum muslimin yang dipimpin Nabi Muhamad SAW dengan kafir Quraisy.* Jejep/KC

Laporan- Wartawan Kabar Cirebon-Jejep Falahul Alam

DI tengah rutinitasnya beribadah, para calon jemaah haji (calhaj) asal Indonesia, termasuk calhaj Kloter 11 KJS, asal Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, diberikan kesempatan melakukan ziarah religi di kota Madinah Al-Munawarrah.

Para calhaj begitu sangat antusias ketika mengunjungi situs-situs bersejarah peninggalan Rasulullah Saw saat hijrah dan berdakwah di kota Madinah. Lokasi ziarah yang dituju di Madinah, pertama Masjid Quba. Ini merupakan masjid yang pertama dibangun dalam sejarah umat Islam dan didirikan Nabi Muhammad Saw. Masjid ini bentuknya masih sangat sederhana, di mana tiangnya terbuat dari batang pohon kurma dan atapnya pun dari pelepah daun kurma.

Masjid ini didirikan Rasulullah ketika dalam perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah, di tahun yang sama, dibangun masjid kedua, yaitu Masjid Nabawi.

"Barang siapa yang salat dua rakaat di Masjid Quba itu setara dengan ibadah umroh. Untuk itu, sebelum masuk ke masjid, bapak-ibu semua, harus mengambil wudhu, niat salat mutlak dua rakaat," ujar Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter 11, H Faizal Fikri saat memimpin ratusan jamaah menuju masjid tersebut. 

Halaman:

Editor: Ajay Kabar Cirebon


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x